Scroll to Top

Kindle Fire Awasi Perilaku Pengguna?

By Ditya / Published on Sunday, 09 Sep 2012

kindle fire hd

Tablet Kindle Fire baru besutan Amazon memang banyak ditunggu kehadirannya, namun tablet ini bukannya datang tanpa kontroversi. Kindle Fire ini konon mengawasi perilaku pengguna melalui browser bawaan Kindle Fire, Silk.

Setelah kontroversi masalah iklan yang hadir pada tablet Kindle Fire HD, muncul kontroversi baru mengenai fitur “Trending Now” pada browser default pada tablet besutan Amazon ini, browser Silk.

Fitur Trending Now pada browser Silk ini berfungsi untuk menunjukan situs mana saja yang paling sering dikunjungi oleh pengguna tablet Kindle Fire lain, hal ini berarti browser Silk mengawasi perilaku pengguna di internet.

Seperti yang dilansir dari Tomshardware (09/09/2012), Amazon dikabarkan melalui browser Silk telah mengawasi perilaku pengguna sejak rilis Kindle Fire generasi pertama. Kemampuan pengawasan perilaku pengguna ini menjadi semakin baik pada rilis Kindle Fire terbaru.

Seperti yang pernah dijelaskan oleh Amazon, browser Silk akan mengawasi dan mendeteksi situs apa saja yang sering dikunjungi pengguna kemudia data tersebut akan dikirim melalui cloud, sehingga data mengenai situs yang sering dikunjungi pengguna akan lebih cepat tampil dari host asli.

“Anda dapat menganggap Silk Amazon sebagai toko kecil untuk file yang Anda akses. Apa yang kami lakukan adalah membuat cache terbatas digunakan untuk membuat halaman web Anda melihat setiap hari. Tidak perlu satu byte pun penyimpanan pada perangkat itu sendiri,” kata Amazon pada peluncuran Kindle Fire tahun 2011 lalu.

Haruskah pengguna waspada pada fitur Trending Now yang ditawarkan Amazon? mungkin bagi yang menjunjung tinggi privasi data akan mengatakan ‘ya’ tanpa ragu-ragu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda