Scroll to Top

Oriol Riera: Rekan Seperjuangan Lionel Messi Yang Beda Nasib

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 10 Sep 2012

Lionel Messi Oriol Riera

Ada yang menarik dalam daftar top skor sementara Liga Spanyol musim ini. Di Primera Division, kita tak terkejut dengan adanya Lionel Messi dari Barcelona yang sudah mengemas 4 gol dari 3 pertandingan. Dan di Segunda Division, ada Oriol Riera, pemain Alcorcon yang mengoleksi jumlah serupa. Oriol Riera, adalah rekan seperjuangan Lionel Messi sembilan tahun lalu. Takdirlah yang membuat jalur hidup mereka berbeda.

Stadion Dragao, 16 November 2003. Barcelona ditantang berlaga oleh tuan rumah Porto dalam pertandingan persahabatan sebagai tanda diresmikannya stadion baru klub Portugal tersebut. Barcelona, yang diasuh oleh Frank Rijkaard, membawa beberapa pemain muda. Termasuk seorang Lionel Messi yang berusia 16 tahun, dan pria yang lebih tua setahun daripadanya, Oriol Riera.

Sementara itu, Porto dilatih oleh manajer Real Madrid saat ini, Jose Mourinho. Di klub juara Liga Portugal juga ada sosok Ricardo Carvalho, yang sembilan tahun berselang, tengah menikmati masa di bangku cadangan Madrid.

Kembali pada jalannya pertandingan Porto vs Barcelona, partai tersebut menjadi laga debut Lionel Messi. Bocah kecil itu masuk menggantikan Fernando Navarro di menit 75 ketika skor 2-0 untuk tuan rumah. Satu yang mungkin lupa dicatat oleh sejarah, nama Oriol Riera juga hadir. Ia masuk hanya semenit setelah Messi.

Oriol-Riera

Sembilan tahun berlalu sejak debut di partai nonresmi tersebut. Sembilan tahun yang cukup untuk membuat Lionel Messi menjadi King Leo. Pria yang menyabet Ballon d’Or tiga kali. Pria yang memecahkan rekor sebagai pencetak gol terbanyak Barcelona sepanjang masa di pertandingan resmi. Pria yang dalam tiga tahun berturut-turut menjadi top skor Liga Champions. Dan sederetan prestasi luar biasa lain; yang mungkin tak cukup dituliskan.

Sementara itu, pria lain yang melakoni debut bersama Messi, Oriol Riera, gagal berjuang mendapatkan tempat di Barcelona. Ia harus berpindah ke Cultural Loonesa, Celta Vigo, Cordoba, dan terakhir Alcorcon sejak tahun 2011 lalu.

Dan pekan ini, ada titik cerah tersendiri bagi pria bernama lnngkap Oriol Riera Magem. Ia sukses mencetak hattrick untuk kemenangan Alcorcon 1-3 atas tuan rumah Las Palmas. Klubnya memang masih ada di peringkat enam, batas terakhir untuk meraih tiket play-off promosi ke Primera Division. Namun, setidaknya, ia sementara duduk di posisi top skor Segunda Division; satu tingkat di bawah Lionel Messi yang sementara juga menjadi pencetak gol terbanyak, di Primera Division.

Sembilan tahun memisahkan Lionel Messi dan Oriol Riera. Dan bukan tidak mungkin, asal Alcorcon lolos ke Primera Division tahun depan, tepat di sepuluh tahun debut mereka bersama Barcelona, King Leo dan Riera akan berhadap-hadapan: mantan rekan seperjuangan yang akan bertarung  satu sama lain di lapangan.

(Mundo Deportivo/Soccerway/Bdfutbol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda