Scroll to Top

Memilih Tas sebagai Penunjang Penampilan

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 06 Aug 2011

Gonta-ganti tas sebagai aksesoris penampilan, jamak dilakukan oleh wanita. Tas bukan lagi bersifat fungsional semata. Bagi wanita, tas ibarat penunjang penampilan yang harus serasi saat dipadukan dengan busana yang dikenakan.

Begitu banyak model tas  yang ditawarkan. Barangkali kalau seorang wanita disuruh memilikinya dengan gratis, mungkin semua jenis model akan diambil. Tapi, belum tentu model tas itu sesuai untuk Anda kenakan. Sama halnya dengan busana, memilih tas juga mesti memperhatikan proporsi tubuh sampai mode busana yang dikenakan. Sebagai bahan referensi memilih tas, Anda bisa ikuti saran berikut:

  • Perhatikan ukuran tubuh Anda. Pilihlah tas yang berukuran kecil jika Anda berpostur kecil. Begitu juga sebaliknya. Memaksakan memakai tas yang tidak sesuai postur tubuh Anda, bisa menjadi tertawaan orang yang melihat. Sesuaikan juga tali pada tas. Tali kecil akan mengurangi beban bahu saat Anda membawa banyak bawaan di dalam tas. Kalau Anda membawa tas besar dan berat, jangan terlalu lama memakainya untuk menghindari cedera bahu.
  • Tas bermanfaat untuk menutupi atau menampilkan bagian tubuh Anda. Misalnya, untuk Anda yang berpostur tinggi dan ramping, hindari mengenakan tas yang amat kecil. Karena, bayangan tubuh menjadi tampak besar. Tas tangan dapat memberikan efek menyamarkan atau menambah besar bentuk tubuh dengan memperhatikan ukuran, bentuk, dan letak saat dikenakan.
  • Pilihlah model  tas yang berlawanan dengan bentuk tubuh Anda. Misalnya, tas yang bergantung di sekitar pinggul dapat memberikan efek pinggul lebar.  Kalau Anda cenderung pendek, pilih saja tas yang agak tinggi dan berbentuk menyegi. Semakin besar lekuk tubuh, pakailah tas yang terstruktur. Artinya, tas dengan siluet mengotak dari bahan kulit dan kain halus.
  • Buat wanita kantoran, warna yang cocok adalah warna netral yang  bisa dipadukan dengan busana dan sepatu. Sedangkan, jika menggunakan pakaian resmi untuk ke kantor, warna coklat dan hitam dapat dijadikan pilihan. Namun, tidak melulu harus pakai warna netral yang polos. Anda bisa mencari tas yang memiliki sedikit detail.
  • Jika menggunakan busana yang berwarna menyolok, tas model klasik atau sedehana tepat buat Anda.
  • Kalau Anda suka membawa beragam, tas dengan kantong tambahan bisa dipertimbangkan.
  • Bahan tas yang baik adalah lembut, kuat, dan tidak kaku.
  • Saat mencoba, letakkan tas yang diminati di tiga posisi. Yaitu, dengan tali di lekukan siku, menenteng tali dengan tangan, dan meletakkan tali di bahu. Lihat penampilan Anda di cermin untuk mengetahui seberapa cocok model tas tersebut buat Anda.
  • Jangan terlena mengikuti tren saat mengenakan tas. Cukup pakailah tas yang memang sesuai dengan penampilan Anda saat itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda