Scroll to Top

Spanyol Tak Terkalahkan dalam 45 Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 10 Sep 2012

Spanyol Kualifikasi Piala Dunia 2014

Sang juara Piala Dunia 2010, Spanyol, sebentar lagi akan memulai kampanye mereka menuju Brazil 2014. La Furia Roja akan melawat ke Georgia dalam pertandingan pertama babak kualifikasi Piala Dunia 2014. Sudah menjadi kebiasaan bagi tim matador untuk selalu melenggang mulus dari babak kualifikasi ini. Mereka memiliki catatan mengesankan: 45 pertandingan tak pernah kalah sejak 1993.

Kopenhagen, Denmark. 31 Maret 1993. Di hadapan lebih dari 40 ribu penonton yang memenuhi stadion Parken, Denmark sukses menekuk Spanyol 1-0 lewat gol tunggal Flemming Povlsen di menit 20. Kekalahan yang akan diingat oleh publik Spanyol dalam-dalam karena hingga hari ini, dalam babak kualifikasi Piala Dunia, mereka belum pernah mengecap rasa pahit seperti ketika dijungkalkan Denmark.

45 pertandingan berlalu sejak kejadian tersebut. Spanyol nyaris selalu lolos dari babak kualifikasi Piala Dunia dengan mudah. Tercatat cuma sekali mereka harus melalui babak play-off di kualifikasi Piala Dunia 2006. Selebihnya menjelang Prancis 1998, Jepang-Korea Selatan 2002, dan Afrika Selatan 2010 perjalanan La Furia Roja sangat mulus.

35 kemenangan dari 45 laga, dan 10 sisanya bermain imbang. Mencetak 114 gol dan hanya berbanding terbobol 21 kali. Demikian catatan prestisius Spanyol di babak kualifikasi Piala Dunia. Bahkan, ketika berjuang menuju Piala Dunia 2010, La Furia Roja mencatatkan 10 kemenangan beruntun di babak kualifikasi.

Rabu depan, melawan Georgia, negara yang ada di posisi 86 di peringkat FIFA, Spanyol kemungkinan besar akan melanjutkan catatan demi catatan prestisius tersebut. Sekaligus menunjukkan pada lawan-lawan mereka, bahwa salah satu negara dengan regenerasi terbaik di Eropa —selain Jerman— ini masih merupakan ancaman serius untuk siapa pun yang membidik Brazil 2014. Bisakah Georgia menorehkan luka pertama untuk La Furia Roja setelah 19 tahun tak menikmati perihnya kekalahan di kualifikasi Piala Dunia?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda