Scroll to Top

iPhone 5: Gunakan Konektor Dock 9 pin, Setara Dengan MicroUSB

By Ditya / Published on Monday, 10 Sep 2012

iPhone 5 konektor 9pin

Beberapa waktu lalu sempat terdengar kabar bahwa iPhone 5 besutan Apple ini menggunakan konektor dock yang lebih kecil, yaitu 19 pin konektor. Kini santer terdengar kabar bahwa iPhone 5 mengadopsi konektor dock yang lebih kecil lagi, yaitu 9 pin konektor yang ukurannya setara dengan port microUSB.

iPhone 5 yang disinyalir akan dirilis pada hari Rabu mendatang (12/09/2012) ini dikabarkan mengadopsi konektor dock yang lebih kecil dari yang diberitakan sebelumnya, yaitu 9 pin konektor.

Konektor dock yang hanya 9 pin ini berukuran sama dengan port microUSB. Meski ukurannya sama, keduanya tidak kompatibel, seperti biasa, Apple selalu memiliki standar sendiri pada perangkat besutannya.

Hal ini diperkuat dengan bocoran foto kabel konektor dock baru yang dibandingkan dengan konektor microUSB yang dipublikasikan oleh blog asal Perancis, NowhereElse.fr.

Seperti yang dikutip dari CNET (10/09/2012), foto yang berasal dari sumber anonim yang diunggah ke blog Perancis tersebut menunjukan kesamaan ukuran antara konektor dock baru iPhone 5 dengan konektor yang lebih universal, microUSB.

Berdasarkan foto tersebut, terlihat jelas bahwa konektor baru iPhone 5 yang kabarnya akan mengusung nama The New iPhone ini terlihat bahwa konektor dock terbaru iPhone 5 ini terdapar 8 pin dan shell itu sendiri adalah pin yang kesembilan, sehingga total terdapat 9 pin konektor, bandingkan dengan iPhone dan perangkat Apple terdahulu yang menggunakan 30 pin konektor.

Layout baru pada konektor dock Apple ini diklaim lebih mudah digunakan. Kabarnya, konektor dock 9 pin ini akan menjadi standar baru konektor dock untuk seluruh perangkat Apple seperti iPad dan iPod generasi yang akan datang.

Perubahan konektor dock ini tentu akan membuat aksesoris lama iPhone tidak kompatibel, sebaliknya hal ini merupakan berkah bagi produsen aksesoris iPhone, karena permintaan aksesoris iPhone baru akan meningkat drastis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda