Scroll to Top

Apple Dapatkan Paten Teknologi Ponsel Mati Secara Otomatis

By Ibnu Azis / Published on Monday, 10 Sep 2012

iPhone

Apple baru saja mendapatkan sebuah paten teknologi baru. Dengan teknologinya ini, maka ponsel akan mati secara otomatis ketika memasuki wilayah, area, atau ruangan tertentu.

Sejatinya teknologi ini lebih mengarah ke pada penggunaan kamera ponsel. Apabila pengguna memasuki wilayah yang dinilai ‘sensitif’, maka kamera dan video ponsel akan tidak berfungsi.

Tentu saja bilamana teknologi ini diterapkan akan mendapat sambutan postif. Dikutip dari Mashable, Senin (10/09/12), setidaknya fihak Hollywood dan kalangan akademisi mendukungnya.

Hollywood memandang jika perangkat digital memiliki potensi yang besar dalam kejahatan pembajakan film di internet. Bukan menjadi rahasia umum jika pembajak memergunakan alat perekam entah ponsel maupun gadget lain di dalam bioskop.

Dari kalangan akademisi khususnya sekolah memandang ponsel menjadi media masif dalam proses kecurangan di sekolah. Misalkan saja saat ujian berlangsung.

Namun teknologi juga sangat membantu dalam politik. Misalkan saja saat gerakan Arab Spring yang sangat bergantung pada kekuatan media sosial khususnya lewat perangkat mobile. Bilamana dinonaktifkan maka demonstran bakal tak mampu mengabadikan aksi mereka atau kebrutalan pihak keamanan.

Paten itu sendiri telah didapatkan Apple pada akhir bulan Agustus silam. Dan ‘pembredelan’ fungsi telepon genggam ini akan mencakup pada fitur pengambilan foto dan video, akses ke internet, menelepon serta SMS.

Apple berkilah jika pembuatan teknologi ini sesuai dengan pengalaman dan pengamatan mereka selama bertahun-tahun. Mereka yakin ponsel memiliki dampat negatif di lokasi-lokasi tertentu dan harus dinonaktifkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda