Scroll to Top

Garuda Gagal Menjuarai SCTV Cup 2012: Indonesia vs Korea Utara 0-2

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 10 Sep 2012

SCTV Cup 2012

Timnas Garuda takluk dalam ajang SCTV Cup 2012 lewat hasil pertandingan Indonesia vs Korea Utara yang berakhir dengan skor 0-2. Timnas Indonesia sempat menahan negara berperingkat FIFA 81 ini selama lebih dari satu jam. Namun, kartu merah Hamdi Ramdhan akhirnya membuat dua gol Korea Utara melalui tendangan bebas Park Song Chol dan tembakan Jong Il Gwan.

Dalam laga Indonesia vs Korea Utara, pelatih Nil Maizal menurunkan formasi 4-4-2 dengan mengandalkan Samsul Arif dan Irfan Bachdim di lini depan. Sementara itu, Yun Jong Su, pelatih tim tamu memakai formasi 4-2-3-1.

Ri Kwang-Hyok membuka peluang Korea Utara di menit ketiga lewat tembakan dari sisi kanan pertahanan Indonesia yang masih bisa ditepis oleh Endra Prasetya. Selepasnya, tim tamu lebih mendominasi permainan. Sebaliknya, kerjasama para pemain Indonesia masih kurang rapi hingga serangan pertama dibuka di menit 11.

Umpan satu-dua dari tendangan sudut, disudahi dengan upaya Okto Maniani membidik sudut jauh gawang Korea Utara yang dikawal Ri Myong Guk. Namun, tembakannya masih melebar tipis.

Menit 23, Garuda kembali menciptakan peluang. Umpan silang datang Elie Aiboy disambut Okto dengan tendangan yang membentur tiang kanan gawang Korea Utara. Selang semenit, giliran Nam Song-Chol yang membuat jantung penonton berdetak lebih cepat dengan tandukannya yang melebar di sebelah kiri gawang Endra Prasetya.

Korea Utara masih memberi beberapa ancaman sebelum turun minum. Namun, mereka kesulitan mengobrak-abrik kotak penalti Indonesia yang dikoordinasi Wahyu Wijiastanto. Tembakan dari luar kotak 16 meter menjadi pilihan para pemain negara yang pernah duduk di peringkat 181 FIFA pada November 1998 ini.

Korea Utara

Awal babak kedua, Elie Aiboy keluar untuk digantikan Nur Iskandar, pemain yang musim lalu sensasional sepanjang IPL (Indonesian Premier League). Setelah dua kali memberi serangan yang mengancam Korea, Indonesia nyaris terbobol ketika So Tae Song melepaskan tembakan di menit 53.

Menit 59, Korea Utara mencetak gol. Namun, wasit menganulirnya karena Jong Il Gwan terlebih dahulu menyikut Endra Prasetya. Selang enam menit, Indonesia harus kehilangan satu pemain ketika Hamdi Ramdhan yang tertinggal mesti mengganjal So Tae Song dari belakang. Tak ayal lagi, wasit memberi kartu merah untu sang bek tengah.

Tendangan bebas yang dihasilkan dari pelanggaran ini berhasil dimaksimalkan oleh Park Song Chol memanfaatkan pagar betis Indonesia yang belum sempurna. Tendangannya melesak masuk ke sudut kiri gawang Endra Prasetya. 0-1.

Tertinggal dan kalah pemain, Indonesia sempat berusaha menyerang. Upaya Vendry Mofu di menit 71 masih melayang tipis dari gawang Korea Utara. Namun, perbedaan satu pemain menjadi masalah besar. Di menit 75, Korea Utara kembali mencetak gol. Kali ini giliran Jong Il-Gwan yang sukses merebound tandukan An Il Bom.

Pelatih Nil Maizar memanfaatkan sisa waktu untuk memberi kesempatan bagi Jajang Paliama dan Rasyid Bakri untuk unjuk gigi. Hingga laga berakhir skor tetap bertahan 0-2 untuk keunggulan Korea Utara. Meski takluk dan masih memiliki beberapa catatan minus,  penampilan timnas senior kali ini lebih menjanjikan daripada ketika dibuat nyaris tak berkutik oleh Valencia dalam laga nonresmi beberapa waktu lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda