Scroll to Top

Carlo Ancelotti Bocorkan Sepak Bola Cantik Ala PSG

By Naqib Najah / Published on Monday, 10 Sep 2012

Dimanjakan dengan pemain-pemain mahal kelas dunia, pelatih PSG, Carlo Ancelotti berjanji membawa klubnya ke level permainan sepak bola yang berkelas. Tak sungkan, mantan pelatih AC Milan itu pun mengungkap tak-tik yang akan dia terapkan untuk Zlatan Ibrahimovic dkk.

Carlo Ancelotti (53) ingin membawa pembaharuan di Ligue 1. Bersama PSG, ia akan menunjukkan sepak bola cantik kepada seluruh dunia. Bagaimana bocoran tak-tik tersebut?

“Saya akan membentuk tim untuk bermain sepakbola yang bagus, kompetitif, menampilkan pertunjukan menarik, dan membangun citra bagus baik di Prancis maupun Eropa,” ujar Ancelotti kepada Canal+, Senin (10/9/2012).

Berbeda ketika ia melatih AC Milan yang cenderung menumpuk sektor lini tengah, di PSG, Ancelotti akan memainkan formasi 4-3-3. Ancelotti menitik beratkan permainan pada lini depan tim.

“Itu bukanlah hal mudah, dan Anda tidak bisa melakukannya hanya dalam satu atau dua minggu. Saya ingin menggunakan empat bek, tiga gelandang, dan tiga penyerang yang posisinya bisa berubah (menyesuaikan kondisi).”

“Kadang-kadang dengan satu striker dan dua pemain di belakangnya atau bisa juga menjadi dua striker dan satu pemain di belakang. Dalam sepakbola saat ini, permasalahannya adalah kedalaman dalam menyerang, karena akan mudah bagi lawan untuk mengawasi pemain statis,” tutup pelatih yang terpaksa dilengserkan saat melatih Chelsea.

Ironisnya, formasi yang dijanjikan Ancelotti tersebut belum begitu terbukti. Hingga pekan keempat gelaran Ligue 1, Ancelotti hanya sekali mengantongi tiga poin penuh, selebihnya PSG bermain imbang saja.

Sepertinya benar apa yang ia katakan, butuh waktu untuk membentuk sepak bola cantik menurut versinya. Semoga klub kaya baru itu bersabar menantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda