Scroll to Top

Bill Moggridge, Desainer Laptop Senior Meninggal Dunia

By Ditya / Published on Monday, 10 Sep 2012

Bill Moggridge

Dunia teknologi informasi dan komputer berduka. Bill Moggridge, seorang desainer laptop senior telah meninggal pada hari Sabtu (08/09/2012) di San Fransisco pada usia 69 tahun karena kanker.

Bill Moggridge adalag desainer laptop modern yang cukup senior, salah satu hasil karyanya adalah desain laptop dengan layar flip-open seperti yang digunakan oleh laptop modern saat ini.

Bill Moggridge pernah merancang Grid Compass pada tahun 1979. Grid Compass sendiri adalah sebuah komputer lipat atau clamshell dengan layar yang berada diatas keyboard ketika ditutup.

Grid Compass hasil karya Bill Moggridge inilah yang merupakan cikal bakal laptop, karena Grid Compass dikenal oleh kalangan luas dengan laptop pertama. Grid Compass mengawali debutnya pada tahun 1982 dengan harga yang cukup mahal, mencapai USD $8.150.

Laptop pertama yang disebut sebagai Grid Compass ini terbuat dari bahan magnesium alloy yang mengusung prosesor Intel 8086 dengan layar resolusi 320 x 240 piksel yang menggunakan teknologi electroluminescent display.

Grid Compass
Grid Compass, laptop pertama

Kerana harganya yang mahal, laptop pertama hasil karya Bill Moggridge hanya digunakan kalangan terbatas seperti militer AS dan NASA. Grid Compass ini pernah digunakan NASA pada Space Shuttle Discovery pada tahun 1985.

Nama Bill Moggridge ini muncul pada paten clamshell yang kini paten tersebut telah diakuisisi oleh Tandy pada tahun 1988. Hampir semua laptop saat ini menggunakan unsur lipat atau clamshell karya Bill Moggridge.

“Begitu dicintai oleh staf museum dan komunitas desain pada umumnya, Bill menyentuh kehidupan begitu banyak melalui dewan yang bijaksana, mendorong ide kreatif serta sebuah persahabatan yang ceria,” kata Caroline Baumann, direktur asosiasi Museum.

Seperti yang dilansir dari CNET (09/09/2012), Bill Moggridge meninggalkan Karin seorang istri berumur 47 tahun, 2 orang putra, Alex dan Erik. Berikut sebuah video dari Cooper-Hewitt, National Design Museum sebagai penghargaan untuk Bil Moggridge, selamat jalan bapak laptop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda