Scroll to Top

Video Youtube Gangnam Style, Mengapa Begitu Populer?

By Ibnu Azis / Published on Monday, 10 Sep 2012

PSY Gangnam Style

Video musik Gangnam Style dengan artis PSY kini sedang menjadi tren di video Youtube. Bahkan video tersebut mampu mengungguli video musik artis Carly Rae Jepsen, Justin Bieber, One Direction, will.i.am, juga Katty Perrry. Pertanyaannya sekarang, mengapa video musik yang berdurasi 4 menit 32 detik ini mampu mendulang 131 juta lebih penayangan?

Gangnam

Mungkin banyak yang tidak mengatahui jika nama Gangnam adalah sebuah distrik (kabupaten) di Korea Selatan. Distrik ini merupakan home based tiga perusahaan besar Korea Selatan: Hyundai, Samsung, dan LG. Gangnam juga dijuluki sebagai Beverly Hills-nya Korea. Dan distrik ini menyumbang 7% PDB (Pendapatan Domestik Bruto) Korea Selatan.

PSY

Nama aslinya Park Jae-Sang, usianya 34 tahun. Ia menelurkan album pertama pada tahun 2001, PSY from The Psycho World!. Di album pertamanya ini, ia menimbulkan polemik tatkala konten yang kurang pantas di video musiknya. Akibatnya album kedua PSY dilarang beredar. Tak berhenti di situ saja, masih pada tahun yang sama ia ditangkap akibat kepemilikan ganja. Dan yang paling ekstrim ia menolak ikut wajib militer.

Mengapa populer?

Pertama video Gangnam Style sangat unik. Penampilannya cenderung apa adanya, norak, serta dengan alunan musik catchy. Gaya jogetnya segar dengan goyangan mirip kuda jingkrak. Dan bahkan sejumlah video muncul di Youtube yang menirukan gaya joget PSY.

Kedua, PSY membawa keunikan tersendiri dari formasi band. Formasi band PSY justru menabrak pakem KPOP. KPOP identik dengan grup boy dan girl band dengan anggota ‘rombongan’. Namun PSDY hanya mengusung  Park Jae-Sang seorang sebagai anggotanya.

Ketiga, Gangnam Style banjir endorse dari kalangan selebritas Hollywood. Tak kurang Nelly Furtado, Vanessa Hudges, Josh Groban, Robbie Williams, Britney Spears, Katty Perry, dan Justin Bieber mengaku terhibur dengan joget PSY. Lewat media sosial selain memuji Park Jae-Sang, mereka juga menyebar tautan video Gangnam Style.

Tentu saja melejitnya PSY di Youtube turut mendongkrak kepopuleritasan KPOP di mata dunia. Dan bahkan dari serangkaian video KPOP di Youtube, Gangnam Style berhasil di posisi terdepan dengan 131 juta penayangan jauh unggul dari Oh!-nya SNSD (55 juta), I am the Best dari 2NE1 (52 juta), Sexy, Free, and Single dari Super Junior (12 juta).

Dan terakhir yang harus di ingat, Gangnam Style sempat beberapa hari menduduki trending topic world wide Twiter. Sebab media sosial memiliki efek domino. Satu tren di media sosial, pasti akan menjadi tren pula di media sosial lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda