Scroll to Top

Pria Ini Modifikasi Kinect Untuk Bantu Ibunya Yang Menderita Stroke

By Ditya / Published on Monday, 10 Sep 2012

modif kinect

Chad Ruble adalah contoh pria yang berbakti dan begitu menyayangai ibunya. Pria ini memodifikasi Kinect untuk membantu ibunya yang terkena stroke agar dapat mengenali teks dan berkomunikasi.

Ibu Chad Ruble ini telah menderiata Stroke selama 12 tahun. Stroke yang diderita ibu Chad Ruble ini menyebabkan Aphasia, sebuah gangguan yang mempengaruhi kemampuan memproses bahasa dan berkomunikasi, tapi tidak mempengaruhi intelijensi.

Menurut Asosiasi Aphasia Amerika Serikat, sebagian besar dari 1 juta orang Amerika Serikat yang mengalami Aphasia ini mengalami kesulitan dalam mengenali teks, membaca maupun menulis.

Hal yang sama juga dialami oleh Lindy, ibu Chad Ruble yang tidak mampu mengenali teks dan menggunakan keyboard. Hal ini mendorong Chad Ruble untuk memodifikasi Kinect dalam rangka membantu ibunya. Kinect sendiri adalah teknologi motion sensor besutan Microsoft.

Chad Ruble merancang sebuah dashboard berisi emoticon seperti senang, sedih, marah, lelah dan sebaginya. Tak hanya itu, emoticon ini juga dilengkapi dengan indikator kualitas berupa sinyal yeng terdiri dari 4 bar.

Pria ini kemudian memodifikasi Kinect dengan menggunakan pemrograman gesture recognition dan ditambah dengan library OpenNI yang sederhana untuk mengolah dan melacak posisi tangan ibunya. Chad juga menyediakan sebuah tombol berupa panah berwarna hijau untuk mnegirim email serta tombol silang merah untuk me-reset layar.

Awalnya, ibu Chad kurang suka menggunakan alat ini, mungkin karena belum terbiasa menggunakan. Chad akhirnya memutuskan untuk merubah desainnya dengan antarmuka yang sederhana dan fungsi yang disempurnakan.

Seperti yang dilansir dari CNET (09/09/2012), ibu Chad Ruble mulai nyaman menggunakan modifikasi Kinect buatannya. Anda penasaran? Simak video berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda