Scroll to Top

Apple vs Samsung: Walaupun Menang, Reputasi Apple Semakin Menurun

By Ditya / Published on Tuesday, 11 Sep 2012

Apple vs Samsung

Apple memang telah memenangkan perang paten melawan Samsung dengan konsekuensi Samsung harus membayar ganti rugi USD $1,05 miliar dan beberapa produk Samsung terancam dicekal. Meski menang, reputasi Apple terus menurun akibat perang paten yang berlarut-larut.

Penelitian yang dilakukan oleh Media Measurement menunjukan bahwa reputasi Apple kian menurun setelah memenangkan perang paten. Tak hanya itu, dimata fans Apple sendiri perusahaan berlambang buah apel ini mulai dinilai buruk.

Hal ini terlihat dari topik pembicaraan halaman Facebook Apple maupun Samsung. Kedua perusahaan ini mendapat respon negatif dari masing-masing fans, hal ini menunjukan penurunan citra perusahaan.

Seperti yang dilansir dari hasil penelitian Media Measurement, sebelum pecah perang paten antara Apple dan Samsung, topik yang dibicarakan pada halaman Facebook Apple berkisar masalah kualitas produk, tanggal peluncuran, keluhan serta dukungan dari fans Apple.

Setelah Apple memenangkan perang paten dengan Samsung, hampir 40% topik pembicaraan di halaman Facebook Apple adalah mengenai persidangan dalam perang paten. Sayangnya, menurut Media Measurement, sangat sedikit fans Apple di Facebook yang membela Apple.

Kemenangan Apple ini membuat perusahaan pembesut iPhone dan iPad ini terlihat sewenang-wenang dengan mengusulkan pencekalan berbagai produk pesaingnya, sehingga menunjukan Apple ingin memonopoli pasar.

Apple juga semakin terlihat sebagai perusahaan yang suka bikin gara-gara masalah paten, tak hanya Samsung yang pernah menjadi lawannya, tapi juga HTC dan mungkin kelak akan berhadapan dengan Google masalah paten Android.

Seperti yang dilansir dari CNET (09/09/2012), sebenarnya tak sepenuhnya Apple salah, namun segala tindakan yang dilakukan Apple ini menurunkan citra Apple dimata kondumen bahkan kalangan fans Apple sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda