Scroll to Top

PHP 5.4.0 Dilengkapi Dengan Fitur Built-in Web Server

By Ditya / Published on Tuesday, 11 Sep 2012

PHP

PHP adalah bahasa pemrograman populer yang digunakan untuk membangun website dinamis, Pada rilis PHP versi terbaru, PHP 5.4.0 telah mengusung fitur built-in webserver untuk membantu proses pengembangan web.

PHP yang awalnya merupakan singkatan dari Personal Home Page ini merupakan bahasa pemrograman populer untuk mengembangkan sebuah website dinamis. Tak hanya itu, CMS (Content Management System) populer seperti Joomla, WordPress, Drupal dan MyBB ini dibangun menggunakan PHP.

Rilis terbaru PHP adalah PHP versi 5.4.0 yang mengusung fasilitas built in web server. Web server built-in di PHP versi 5.4.0 ini di desain untuk membantu proses pengembangan saja dan tidak disarankan untuk digunakan sebagai web server sebenarnya.

PHP sendiri adalah sebuah bahasa pemrograman yang bersifiat server side scripting, yaitu seluruh kode pemrograman dijalankan dan disimpan di web server, sehingga diperlukan sebuah web server untuk menjalankan atau mengembangakan web application atau website menggunakan PHP.

Web server sendiri adalah sebuah server yang mengelola atau meng-host sebuah website. Software web server yang cukup populer antara lain Apache dan Nginx.

Berikut beberapa perintah untuk menggunakan fasilitas web server built-in antara lain sebagai berikut :

$cd ~/public_html

$php -S localhost:8008

Perintah diatas akan mengaktifkan web server dengan root direktori pada ‘public_html’ dan akses melalui hosting lokal atau localhost melalui port 8008.

Bahasa pemrograman PHP sendiri sangat populer digunakan oleh sebagian besar website dan digunakan sebagai media pembelajaran oleh webmaster pemula, mengingat lisensi PHP adalah free atau gratis.

Adapun bahasa pemrograman untuk web selain PHP, yaitu ASP (Active Server pages) besutan Microsoft, sayangnya ASP ini tidak free, sehingga kalah populer dengan PHP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda