Scroll to Top

Western Digital Siapkan Hardisk Hybrid Tertipis di Dunia

By Ditya / Published on Tuesday, 11 Sep 2012

Western Digital

Produsen media penyimpanan dan hardisk terkemuka, WD atau Western Digital dikabarkan telah menyiapkan produk hardisk hybrid tertipis di dunia yang dirancang khusus untuk ultrabook.

Western Digital telah mengumumkan bahwa pihaknya telah mulai melakukan sampling hardisk hybrid tertipis didunia dengan akapsitas 500GB dengan ketebalan hanya 5mm saja yang dibuat untuk ultrabook.

Hardsik hybrid memang berbeda dengan  hardisk biasa, hardisk hybrid biasanya dilengkapi tambahan chip Solid State Drive (SSD) yang memiliki kecepatan akses tinggi yang digunakan sebagai cache atau penyimpanan sementara pada hardisk sebelum disimpan pada platter.

Kelebihan hardisk hybrid ini adalah performa yang dihasilkan lebih tinggi dibanding sebuah hardisk biasa tanpa adanya chip SSD yang berperan sebagai cache.

Western Digital merancang hardisk hybrid super tipis berkapasitas 500GB yang dilengkapi chip SSD didalamnya untuk meningkatkan performa dan menekan harga agar dapat bersaing dengan media penyimpanan SSD.

Saat ini rata-rata ketebalan hardisk 2,5 inci yang digunakan pada perangkat mobile seperti laptop memiliki ketebalan hingga 9,5 mm, bandingkan dengan hardisk hybrid dari Western Digital yang hanya 5 mm, separuh lebih tipis.

Sampai saat ini, Western Digital idak memberikan informasi mengenai detail kecepatan atau kapasitas chip NAND flash yang akan ditanamkan pada hardisk hybridnya. Diperkirakan Western Digital akan menggunakan chip NAND flash berjenis MLC (Multi Level Cell) dengan kapasitas 20GB atau 32GB.

kehadiran hardisk hybrid dari Western Digital ini merupakan jawaban terhadap pesaingnya, Seagate Momentus XT yang juga merupakan hardisk hybrid yang dilengkapi dengan chip berjenis SLC (Single Level Cell) degan kapasitas 4GB atau 8GB.

Seperti yang dilansir dari ArsTechnica (11/09/2012), hardisk hybrid tertipis di dunia ini diperkirakan akan diperkenalkan oleh Western Digital pada tanggal 13 September mendatang dan mulai dijual pada tahun 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda