Scroll to Top

Adam Lallana: Debutan Terbaru Timnas Inggris

By Wan Faizal / Published on Tuesday, 11 Sep 2012

Adam Lallana

Sebuah kejutan diambil manajer Timnas Inggris, Roy Hodgson. Guna menggantikan posisi Theo Walcott yang mengalami cedera, Hodgson memanggil kapten Southampton, Adam Lallana, ke dalam skuad untuk menghadapi Ukraina di Kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona Eropa.

Siapa Lallana? Publik sepakbola mungkin masih belum terlalu familiar mendengar namanya. Tapi bagi fans Soton, Lallana adalah pemain pujaan layaknya John Terry di Chelsea atau Steven Gerrard di Liverpool.

Lallana adalah produk dari akademi sepakbola Soton. Bersama Theo Walcott, Gareth Bale, Leon Best, dan Nathan Dyer, Lallana membantu Soton menjadi runner-up FA Youth Cup 2005.

Namun cobaan berat sempat menimpanya di usia 18 tahun. Ia didiagnosis mengalami gangguan pada detak jantungnya. Bahkan operasi yang harus ia lakukan bisa menamatkan karier sepakbolanya. Beruntung Lallana mampu melewati fase sulit tersebut untuk menjadi seperti sekarang ini.

Sukses melewati masa sulit itu, Lallana berkembang menjadi pemain yang tangguh. Oleh Nigel Adkins, ia diposisikan sebagai pengatur permainan The Saints. Jadilah sekarang Lallana sebagai gelandang yang cukup elegan ketika mengatur permainan timnya.

Pemain berusia 24 tahun itu memang sudah pernah membela Timnas Inggris di berbagai tingkatan umur. Namun dipanggil ke tim senior sama sekali tak ada dalam pikirannya hingga Hodgson menghubunginya hari Senin kemarin untuk segera bergabung bersama skuad untuk laga versus Ukraina.

“Saya sempat menyangka manajer sudah gila. Saat itu saya berada di rumah, hendak ke tempat latihan. Saya harus berulang kali bertanya apakah ini serius? Jujur saja, saya sangat shock. Dipanggil ke tim senior mungkin adalah momen paling membanggakan dalam karier saya sejauh ini,” ucap Lallana.

“Ini adalah mimpi setiap pemain. Sebelumnya saya realistis tak akan bisa terlibat, namun sekarang saya berada bersama para pemain berpengalaman ini. Itulah yang membuat saya bersemangat. Hal ini juga menunjukkan bagaimana peran Southampton sejauh ini.”

Inggris

Hodgson sendiri mengaku telah lama mengamati Lallana. Ia juga hadir untuk menyaksikan pemain kelahiran St. Albans itu dalam pertandingan lawan Manchester United.

“Saya telah mengamatinya sejak lama. Ketika saya melatih Fulham dan Wet Bromwich, saya sudah sangat ingin merekrutnya,” ucap Hodgson.

“Saya pikir ini adalah kesempatan bagus untuk memanggilnya karena Theo dan Adam (Johnson) telah keluar dari tim.”

Well, sebaiknya Lallana tidak menyia-nyiakan kesempatan emas yang ia peroleh saat ini. Siapa tahu ia bisa jadi tulang punggung Inggris di Brazil 2014 mendatang.

“Apakah nanti saya memanggilnya lagi atau tidak, semua tergantung padanya,” tutup Hodgson.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda