Scroll to Top

Angka Pernikahan Dibawah Umur Meningkat Karena Efek Facebook?

By Aisyah Indarsari / Published on Saturday, 06 Aug 2011

Kali ini berita dampak negatif Facebook terjadi di negara kita sendiri. Jika pemberitaan yang lalu efek Facebook menyebabkan meningkatnya angka perceraian di Malaysia, kali ini di Indonesia, tepatnya di Gunung Kidul, Jogjakarta, seperti yang dikutip dari The Jakarta Post menyebutkan bahwa angka pernikahan dibawah umur di daerah ini meningkat karena efek Facebook.

Lalu apa hubungannya Facebook dengan pernikahan dibawah umur? Ternyata kesimpulan ini diperoleh dari pengakuan beberapa pelaku pasangan yang menikah dibawah umur, bahwa mereka berkenalan melalui jejaring sosial ini, dan meneruskan hubungannya didunia nyata. Dan karena pergaulan bebas yang mereka lakukan, si perempuan sampai hamil, hingga harus segera dinikahkan.

Bukan hanya satu atau dua pasangan yang menikah dibawah umumr saja yang berhasil didata. Selengkapnya diperoleh angka fantastis, hingga pertengahan tahun ini saja, sudah ada lebih dari 130 kasus pernikahan dibawah umur yang diajukan di Pengadilan Agama. Jadi telah terjadi peningkatan sebesar 100% dari angka tahun lalu, seperti yang disebutkan oleh Siti Haryanti, staf sekretaris hukum Pengadilan Agama di Gunung Kidul, Jogjakarta.

Sesuai dengan hukum perundang-undangan pernikahan di Indonesia tahun 1974, usia minimal seorang wanita yang akan menikah adalah 16 tahun, dan bagi pria adalah 19 tahun.

Dengan diketahuinya kondisi ini, terasa sangat menyedihkan, karena mencerminkan moral pemuda bangsa Indonesia yang ternyata semakin buruk. Dan sekali lagi, Facebook dengan suksesnya dituding sebagai biang keladi kejadian negatif ini. Apakah tidak ada lagi yang menggunakan Facebook untuk hal-hal yang positif?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda