Scroll to Top

Ada Usaha Menyingkirkan PSSI dari Sepakbola dan Futsal PON?

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 11 Sep 2012

Djohar Arifin Husin

PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia) memiliki rencana untuk membawa KONI dan BAORI ke pengadilan setelah terjadi beberapa permasalahan di PON 2012 yang diselenggarakan di Riau. Djohar Arifin Husin, ketua umum PSSI menduga ada upaya untuk menyingkirkan PSSI dari ajang sepakbola dan futsal PON.

Djohar Arifin Husin, menyebutkan bahwa ada upaya untuk menyingkirkan PSSI dari cabang sepakbola dan futsal di PON XVIII Riau. Hal ini terlihat dari permasalahan yang menimpa 75 perangkat pertandingan yang diutus untuk memimpin jalannya pertandingan sepakbola dan futsal di Riau. Belum ada surat keputusan pengangkatan mereka dari PB PON. Selain itu, di dua tempat, terjadi pengusiran perangkat pertandingan.

“PSSI sudah menyiapkan 75 perangkat pertandingan lewat seleksi dan tes yang ketat. Akan tetapi, PSSI belum menerima SK pengangkatan mereka dari PB PON,” kata Djohar seperti dikutip KOMPAS pada Senin, 10 September 2012.

“Perangkat pertandingan diusir dari lapangan, bukan kami yang menarik mereka,” tambahnya.

Hal yang cukup menggelitik adalah, begitu cepatnya PB PON dalam mempersiapkan perangkat pertandingan pengganti, seolah semuanya sudah diset.

PSSI sendiri menarik 75 perangkat pertandingan mereka setelah masuknya Kalimantan Timur sebagai peserta di Grup C. Padahal, sebelumnya Kaltim sudah didiskualifikasi karena terbukti menggunakan pemain profesional dalam babak kualifikasi. Kaltim sendiri tidak hadir dalam drawing PON XVIII. Posisi mereka sebelumnya diganti oleh Kalimatan Selatan yang berposisi sebagai runner-up.

Djohar Arifin menegaskan bahwa PSSI terus diganggu sepanjang penyelenggaraan PON XVIII di Pekanbaru. Ia juga menyebutkan bahwa KONI tak memedulikan kubunya. PSSI siap melaporkan fakta yang sebenarnya di terjadi PON Riau kepada Menpora. Sekaligus, berniat membawa  KONI dan BAORI ke ranah hukum akibat permasalahan yang menimpa cabang sepakbola dan futsal.

“PSSI akan menempuh upaya hukum kepada KONI dan BAORI. Kami akan laporkan hal ini kepada Menpora. Kami harap Menpora mengetahui yang terjadi sebenarnya di PON,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda