Scroll to Top

Kehadiran iPhone 5 Akan Guncang Industri PC & Smartphone

By Ilham / Published on Tuesday, 11 Sep 2012

Berbagai analisa sudah dimunculkan menjelang kedatangan iPhone generasi terbaru yang akan diperkenalkan Apple ke publik besok. Seorang analis dari JP Morgan memperkirakan bahwa kehadiran iPhone 5 akan memberi guncangan pada industri PC dan smartphone.

Guncangan yang dimaksud oleh analis dari JP Morgan yang bernama Mark Moskwitz tersebut ialah efek positif dan negatif yang akan dialami pelaku industri PC dan smartphone, termasuk juga pelaku industri semi konduktor didalamnya.

Analisa tersebut sangat beralasan ketika kita melihat situasi dimana terjadi penurunan pertumbuhan penjualan PC yang banyak diakibatkan oleh boomingnya smartphone dan tablet. Dan yang paling merasakan efek negatif ialah para produsen PC besar dunia seperti Hewlett Packard dan Dell.

iPhone 5 diyakini sudah mendukung jaringan transfer data berkecepatan tinggi 4G LTE. Dengan begitu, banyak operator telekomunikasi yang akan menambah kapasitas jaringan data 4G LTE nya sehingga memberi efek positif pada operator telekomunikasi itu sendiri dan produsen penyedia perangkat data.

Hasil positif yang lainnya juga akan akan dialami oleh penyuplai komponen-komponen semi konduktor pada iPhone 5. Kesuksesan penjualan iPhone 5 tentu saja berpengaruh pada tingginya permintaan komponen pada produsen semi konduktor.

Produsen-produsen gadget lainnya yang mungkin terkena imbas dari kehadiran iPhone 5 ialah produsen gadget navigasi Garmin dan TeleNav. iPhone 5 yang memakai teknologi mapping and turn-by-turn navigation pada aplikasi mapsnya berdampak besar pada penjualan gadget navigasi dari Garmin dan TeleNav.

Sementara untuk produsen smartphone seperti Samsung, HTC, LG, ataupun Motorola, kehadiran iPhone 5 akan berdampak besar pada penjualan smartphone mereka. Jika tidak bisa menyiasati, bisa jadi penjualan produk-produk high-end andalan mereka akan anjlok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda