Scroll to Top

PSSI Jawa Barat Didiskualifikasi Dari Sepakbola PON

By Agus Prasetyo / Published on Tuesday, 11 Sep 2012

Kejutan terjadi pada penyelenggaraan PON 2012 di Riau. Pasalnya Jawa Barat yang telah keluar sebagai juara grup, harus dikenai sanksi diskualifikasi dari cabang olah raga sepakbola PON 2012 Riau.

Hasil pertandingan dari grup B telah membuktikan bahwa Jawa Barat keluar sebagai juara grup.

Namun mereka harus didiskualifikasi, karena dianggap tidak patuh pada keputusan sidang Dewan Hakim PON XVIII-2012. Jawa Barat dianggap telah mengirim tim yang tidak sah.

Keputusan bahwa Jawa Barat harus mendapatkan diskualifikasi, sebenarnya sudah muncul sebelum laga terakhir mereka melawan Gorontalo.

Sidang Dewan Hakim PON 2012 pada Sabtu (8/9/12) malam hingga Minggu (9/9/12) dini hari. akhirnya memutuskan bahwa dua laga yang sudah dilewati Jawa Barat tetap sah.

Namun anehnya dalam tim sepakbola dan futsal, mereka dinyatakan gugur. Surat keputusan bernomor 03/DH-PON XVIII/2012, selanjutnya menunjuk Tony Apriliani selaku Ketua Pengprov PSSI Jabar diberi mandat untuk menjadi manajer tim tersebut.

Namun, Tony menolaknya. Sebab tim yang dimanajerinya adalah tim bentukan Pengprov Jabar pimpinan Bambang Sukowiyono yang dibentuk PSSI Djohar Arifin.

“Saya konsisten memegang keputusan KONI Pusat, BAORI, PB PON, dan Badan Keabsahan. Tim Jawa Barat yang tampil bukanlah tim yang sah karena mereka bukan berada di bawah kepengelolaan Pengprov PSSI Jabar yang saya pimpin” tegas Tony seperti yang dilansir Bola.

Alhasil meski gagal menang (Senin 10/9/12), tim PON sepakbola Jatim dan Sumut tetap melaju ke babak selanjutnya, akibat dari didiskualifikasinya Jawa Barat dari PON Riau 2012.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda