Scroll to Top

Hasil Georgia vs Spanyol 0-1: Gol Tunggal Roberto Soldado

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 12 Sep 2012

Georgia vs Spanyol

La Furia Roja Spanyol Juara Piala Dunia 2010 susah payah memulai kampanyenya di kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Eropa dalam pertandingan Georgia vs Spanyol yang berakhir dengan skor 0-1 pada Rabu, 12 September 2012. Gol kemenangan Spanyol diciptakan oleh Roberto Soldado di menit 86. Skor Spanyol vs Georgia 1-0 yang tipis ini memulai kampanye La Furia Roja menuju Brazil 2014 dengan cara yang kurang nyaman.

http://www.dailymotion.com/video/xth1se_georgia-0-1-spain_sport

Dalam pertandingan Spanyol vs Georgia, pelatih Vicente Del Bosque menurunkan formasi 4-3-3 dengan mengandalkan Roberto Soldado sebagai juru gedor ditemani oleh David Silva dan Andres Iniesta. Sementara itu, Georgia yang dilatih oleh Temuri Ketsbaia, pesepakbola andalan mereka era akhir 1990-an memakai formasi 4-2-3-1 dengan bertumpu pada seorang Levan Mchedlidze.

Seperti biasa, Spanyol mendominasi jalannya pertandingan dengan tik-tak mereka. Georgia dipaksa bertahan dan menahan gempuran demi gempuran La Furia Roja. Ancaman pertama datang dari tandukan Sergio Ramos memanfaatkan tendangan sudut yang mudah diamankan kiper Giorgi Loria di menit 11.

Upaya lain melalui tembakan David Silva dari luar kotak penalti masih membentur tiang gawang di menit 28. Serangan berikutnya dari Xavi Hernandez di ujung babak pertama masih berhasil dibendung oleh Loria untuk memaksakan hasil 0-0 hingga turun minum.

Georgia vs Spanyol (1)

Paruh kedua, Spanyol masih terus berusaha mengurung pertahanan tuan rumah. Alih-alih mencetak gol, mereka nyaris terbobol oleh aksi Amisulashvili di menit 54. Tak ingin pulang dengan raihan hasil imbang, Del Bosque mencoba tampil lebih agresif dengan memasukkan Pedro Rodriguez untuk mengganti Sergio Busquets pada menit 59. Demikian pula ketika David Silva ditarik untuk Santi Cazorla.

Menit 68, pergerakan Jordi Alba dilihat oleh Cazorla. Sang gelandang Arsenal mengirimkan umpan pada si bek kiri Barcelona yang upayanya tak berbuah gol. Kiper Georgia, Giorgi Loria sendiri, berbenturan dengan rekannya dalam usaha membendung aksi Alba tadi. Tak ayal, ia mesti keluar lapangan dan kiper pengganti, Roin Kvaskhvadze, masuk ke lapangan.

Spanyol vs Georgia (2)

Spanyol kembali berusaha berbenah. Cesc Fabregas dimasukkan untuk mengganti Alvaro Arbeloa. Dan akhirnya gol hadir di menit 86. Roberto Soldado membayar kepercayaan Del Bosque dengan gol jarak dekatnya, memanfaatkan kerjasama Pedro Rodriguez dan Cesc Fabregas,

Tertinggal, Georgia mencoba untuk menaikkan tensi.  Hingga tambahan waktu enam menit, skor tetap menjadi milik tim tamu. Spanyol sukses memenangi laga perdana mereka di kualifikasi Piala Dunia 2014, tapi kesulitan mereka membongkar pertahanan Georgia yang terpaut peringkat FIFA yang cukup mencolok, membuat sang juara bertahan layak waspada jika tidak ingin terpeleset jauh menuju Brazil 2014.

Georgia vs Spanyol 0-1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda