Scroll to Top

Bosnia Kandidat Kuat Lolos Ke Piala Dunia 2014

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 12 Sep 2012

Bosnia Herzegovina

Negara-negara kuat seperti Spanyol dipaksa bersusah payah menekuk Georgia 0-1. Sementara itu, Inggris di kandang sendiri tertahan 1-1 oleh Ukraina. Lain ceritanya dengan Bosnia Herzegovina. Negara yang kemerdekaannya dari Yugoslavia dicetuskan pada 1992 ini tengah melenggang mulus di babak kualifikasi Piala Dunia 2014. Bukan tidak mungkin Edin Dzeko dkk. akan menjadi salah satu peserta di Brazil 2014.

Bosnia Herzegovina. Negara berpenduduk sekitar 3 juta jiwa ini hanya sial saja dalam dua helatan akbar sepakbola terakhir. Menjelang Piala Dunia 2010, mereka nyaris saja lolos andai di babak play-off tak berhadapan dengan Portugal. Ketika itu, Zmajevi, julukan Bosnia takluk dengan agregat tipis 1-0.

Selang dua tahun, negara yang sama juga menjadi penjegal Bosnia ke Euro 2012. Berhasil menahan imbang Bosnia 0-0, ketika bermain di kandang sendiri Cristiano Ronaldo dkk. melumat mereka dengan skor 6-2. Untuk kedua kalinya, tiket untuk berlaga di turnamen elite kelas dunia, gagal direngkuh oleh Bosnia.

Namun, itu cerita lama. Kini mereka berada di grup G kualifikasi Piala Dunia 2014. Lawan-lawan yang bertebaran di grup, relatif selevel dengan mereka. Sebutkanlah yang paling lemah, Liechtenstein. Kemudian, ada Latvia, Lithuania, Slovakia, dan yang terberat Yunani. Bukan tidak mungkin asa untuk mencatatkan sejarah lolos ke Brazil 2014, akan terwujud. Dan Bosnia Herzegovina menjalani semua itu dengan kerja keras.

Bosnia Herzegovina 3

Dua pertandingan sudah dilalui mereka. Dua kemenangan besar dihasilkan. Di laga pertama, mereka melahap Liechtenstein 1-8 di Vaduz. Edin Dzeko dan Vedad Ibisevic masing-masing mencetak tiga gol. Dan pagi ini, giliran Latvia yang dilumat 4-1 di Zenica.

Bosnia pun terbang tinggi. Sementara, mereka menjadi pemuncak klasemen Grup G dengan raihan 6 poin. Mencetak 12 gol dan cuma terbobol 2 kali. Baik Edin Dzeko maupun Zvjezdan Misimović sama-sama menjadi top skor sementara dengan 4 gol dari 2 laga. Bahkan andai perjalanan awal di kualifikasi ini bagaikan dongeng, Edin Dzeko dkk. tengah merajut dongeng paling indah.

Masih ada 8 pertandingan yang akan dilewati Zmajevi untuk memastikan tiket ke Brazil 2014 sebagai juara grup. 8 laga yang harus dipenuhi dengan konsistensi dan semangat baja.

Dan, tim yang dikapteni Emir Spahic ini memang merupakan generasi emas; salah satu yang terbaik sepanjang kehadiran Bosnia di sepakbola Eropa. Tengoklah skuad mereka yang dipenuhi pemain liga elite Eropa. Mulai dari kiper Asmir Begovic (Stoke City) hingga Vedad Ibisevic (Stuttgart).

Brazil 2014 adalah momen emas bagi generasi emas ini untuk unjuk gigi. Maka, tak ada jalan lain kecuali menyapu bersih kemenangan. Kalau bukan sekarang, kapan lagi Zmajevi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda