Scroll to Top

Mengunyah di Satu Sisi Saja Bisa Memicu Migrain

By C Novita / Published on Wednesday, 12 Sep 2012

mengunyah satu sisi bikin migrain

Kebiasaan mengunyah di satu sisi saja pada saat makan ternyata bisa membawa pengaruh bagi kesehatan. Resiko Anda mengalami migrain atau sakit kepala sebelah sangat besar dengan kebiasaan makan hanya mempergunakan satu sisi mulut.

Hal tersebut disebabkan aktifnya otot yang digunakan untuk mengunyah hanya pada satu sisi, sehingga terjadi ketidakseimbangan.

Prof Eky S Soemantri, ketua AFDOKGI menegaskan:

“Mengunyah makanan dengan satu sisi mulut menyebabkan otot tebal dan kuat hanya di satu sisi tersebut. Sehingga otot muka di masing-masing sisi tak simetris,” ujarnya seperti dikutip dari Kompas 12/09/12.

Jika otot muka menjadi tak simetris, maka gangguan sendi otot (temporo mandibular joint) terjadi dan menyebabkan migrain, lanjut sang Profesor.

Selain resiko penyakit migrain tersebut, mengunyah dengan hanya menggunakan satu sisi mulut juga bisa membuat pertumbuhan plak dan karang gigi di sisi yang tak terpakai menjadi lebih besar.

Ini terjadi sebab saat mengunyah makanan, sebenarnya sisi yang sedang digunakan itu sekaligus juga sedang membersihkan diri atau self cleansing. Air liur yang dikeluarkan saat mengunyahlah yang bertugas melawan kuman penyebab plak dan karang gigi.

Sedangkan di sisi mulut yang tak aktif digunakan mengunyah, proses self cleansing tak terjadi.

Jadi disarankan untuk menggunakan semua sisi mulut saat mengunyah, agar resiko migrain dapat dihindarkan, juga kesehatan mulut lebih terjaga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda