Scroll to Top

Intel Haswell, Prosesor Masa Depan Berperforma Tinggi dan Hemat Daya

By Ditya / Published on Wednesday, 12 Sep 2012

Haswell

Di ajang Intel Developer Forum (IDF), produsen prosesor x86 nomor satu di dunia ini memamerkan prosesor masa depan, yakni Intel Haswell. Prosesor Intel Haswell ini diklaim memiliki performa tinggi dengan konsumsi daya yang rendah.

David Perlmutter, Chief Product Officer Intel menjelaskan bahwa transformasi pasar masa depan akan bergerak ke arah mobile seperti ponsel dan tablet. Intel Haswell nantinya akan dioptimalkan untuk platform converible notebook atau notebook hybrid, ultrabook, tablet dan smartphone.

Intel Haswell adalah prosesor Intel Core generasi keempat yang merupakan penerus Ivy Bridge yang saat ini mulai memasuki pasar. Selain menawarkan arsitektur baru, Haswell juga menawarkan performa tinggi serta konsumsi daya yang rendah karena Haswell dibuat dengan proses produksi 22nm.

Saat beban kerja prosesor sedikit atau pada modus idle, prosesor Intel Haswell ini diklain 20x lebih hemat daya dibanding Sandy Bridge. David Perlmutter juga menambahkan bahwa prosesor low-power Haswell untuk ultrabook dimasa depan hanya mengkonsumsi daya 10W saja, bandingkan dengan solusi Ivy Bridge saat ini yang mengkonsumsi daya hingga 17 W.

Petinggi Intel ini juga membandingkan prosesor Haswell dengan Sandy Bridge pada konsumsi daya yang sama, Haswell mampu menghasilkan performa yang jauh lebih cepat.

Tak hanya performa CPU (Central Processing Unit) saja, performa GPU (Graphics Processing Unit) yang terdapat pada Intel Haswell ini diklaim 2x lipat lebih cepat dari solusi Intel HD Graphics 4000 yang diusung oleh Intel Ivy Bridge.

Kehadiran Intel dengan prosesor Core generasi keempat ini tak terlepas dari trategi Tick-Tock yang diusungnya. Tick mengecilkan proses produksi prosesor dan Tock menghadirkan arsitektur baru pada prosesor.

Seperti yang dilansir dari Hexus (11/09/2012), kehadiran prosesor generasi baru Intel Haswell ini adalah bagian dari strategi bisnis Tock Intel yang menawarkan arsitektur prosesor baru yang lebih maju.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda