Scroll to Top

Timnas Indonesia Bersatu? Alfred Riedl Setuju!

By Aditya / Published on Wednesday, 12 Sep 2012

Alfred Riedl

Meskipun saat ini Alfred Riedl menangani Timnas Indonesia bentukan KPSI, namun pelatih asal Austria itu sangat setuju apabila tim Merah-Putih bersatu lagi seperti dulu. Menurut Alfred Riedl, persatuan menjadi syarat mutlak jika Indonesia ingin menjadi memiliki tim nasional yang kuat.

“Jika ingin tim nasional hebat, Indonesia harus bersatu!” tandas Alfred Riedl di Batu, Malang, Jawa Timur, Selasa (11/9/2012).

Kekisruhan yang melanda PSSI memang telah menjalar hingga ke mana-mana. Dampaknya, timbullah dualisme yang justru merugikan persepakbolaan nasional, dari dualisme federasi, dualisme kepengurusan di daerah, dualisme klub, dualisme klub sepakbola daerah di PON, dualisme kompetisi, dan dualisme timnas.

Untuk itu, Alfred Riedl menyarankan agar dua timnas yang ada saat ini, yakni timnas The Real Garuda yang diasuhnya dan timnas Garuda bentukan PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin yang ditukangi oleh Nil Maizar, hendaknya digabungkan saja.

Dualisme timnas, kata Alfred Riedl, justru akan merugikan Indonesia sendiri. Indonesia berpotensi besar terkena hukuman dari FIFA. Jika sudah begitu, tentunya Indonesia akan menanggung malu. Itulah yang tidak diinginkan oleh Alfred Riedl. Selain itu, dualisme timnas juga sangat disesali oleh jutaan pendukung tim Merah-Putih.

“Dualisme akan menyebabkan Indonesia terkena sanksi oleh FIFA, jika itu terjadi maka semuanya akan malu,” ujar Alfred Riedl.

“Dualisme itu tak menyenangkan bagi para fans,” lanjut pelatih Timnas Indonesia di ajang AFF Cup 2010 itu.

Timnas Indonesia KPSI TC Alfred Riedl

Saat ini, Alfred Riedl sedang mendampingi skuat Timnas Indonesia versi KPSI melakoni pemusatan latihan di Batu, Malang. Alfred Riedl didampingi oleh dua asisten pelatih yakni Wolfgang Pikal yang merupakan mantan asistennya dulu dan eks pelatih Persib Bandung, Robby Darwis.

Rencananya, Timnas Indonesia KPSI asuhan Alfred Riedl ini akan diterjunkan ke ajang AFF Cup 2012 pada akhir November 2012 mendatang, dan akan melakoni sejumlah ujicoba. Di sisi lain, Timnas Indonesia PSSI Djohar Arifin juga diproyeksikan di ajang yang sama.

Alfred Riedl juga menyatakan bahwa tim asuhannya mungkin tidak menggelar ujicoba di dalam negeri, melainkan di luar negeri, bisa di Jepang atau di Australia atau keduanya.

“Ujicoba tidak dilakukan selama di sini jika kondisi pemain masih belum bagus. Kita akan meneruskan program latihan fisik hingga para pemain kembali dalam kebugaran untuk bermain,” pungkas Alfred Riedl.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda