Scroll to Top

Persib: Aang Suparman Paling Cepat Di Lari 7 Km Cross Country

By Agus Prasetyo / Published on Wednesday, 12 Sep 2012

Persib Bandung telah menggelar latihan fisik berlari melintasi alam, di Cikole Lembang pagi tadi (Rabu 12/9/12). Dalam latihan tersebut, Aang Suparman menjadi pemain yang lebih dulu dapat menyelesaikan lari 7 kali putaran atau 7 km.

Sementara itu Shahar Ginanjar bersama Asri Akbar sebagai pemain yang terakhir menyelesaikan lari tersebut.

Pelatih fisik Dino Sefriyanto mengatakan, program lari lintas alam ini untuk mendongkrak daya tahan jantung dan paru-paru pemain.

“Pemain sudah berhenti berkompetisi selama dua bulan. Oleh karena itu, kondisi fisik pasti turun, maka kita coba balikkan lagi kondisi puncak fisiknya, sehingga nanti di masa-masa kompetisi kondisi pemain sudah maksimal” ujar Dino seperti yang dilansir situs resmi klub.

Melihat hasil latihan pemain sejak awal latihan, Dino menilai ada kemajuan yang berbeda-beda dari semua pemain yang sampai sekarang masih mengikuti program latihan pembangunan fisik.

Namun untuk hasil penilaian, pastinya hanya untuk konsumsi tim pelatih dan tidak akan diberitahukan kepada media.

“Meski sedikit demi sedikit, anak-anak ada kemajuan. Memang tiap pemain itu berbeda-beda progresnya karena level latihan di pusat kebugaran kemarin pun berbeda-beda, sesuai dengan masing-masing posisi” ujar Dino.

Dipilihnya Lembang sebagai tempat lintas alam, bukanlah tanpa alasan. Pasalnya dengan melakukan latihan di daerah dataran tinggi, bisa meningkatkan kemampuan daya tahan jantung dan paru-paru serta lebih efektif ketimbang latihan di dataran rendah.

“Sengaja  kita pilih Lembang, daerah yang oksigennya tipis bagus untuk peningkatan VO2Max” jelas Dino.

Jarak tempuh yang telah diselesaikan oleh pemain pada saat lari lintas alam sekitar 7 km. Dengan medan lari yang bervariasi yakni tanjakan, turunan, dan jalan datar.

Alhasil dengan medan latihan yang demikian, sangat berdampak positif bagi fisik pemain terutama kerja otot kaki dan paha.

“Untuk tadi jaraknya sekitar 7 km. Nanti akan ada latihan seperti ini lagi. Jaraknya akan kita tambah. Rencananya Sabtu kita akan lari 10 km, Selasa sekitar 15 sampai 17 km. Untuk tempatnya akan kita pastikan nanti, supaya pemain tidak jenuh” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda