Scroll to Top

Cara Untuk Menghindari Penipuan di Facebook

By Melissa / Published on Saturday, 06 Aug 2011

Facebook sebagai salah satu layanan media sosial terbesar tentunya tidak luput dari ancaman aksi penipuan online. Para pengguna Facebook semakin dituntut untuk lebih menjaga akun mereka dari incaran para pelaku kejahatan.

Melengkapi beberapa tips yang pernah dibahas untuk meningkatkan keamanan akun Facebook, Sophos merekomendasikan beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memproteksi akun Facebook Anda:

  • Bacalah baik-baik panduan resmi tentang privasi dari Facebook.
  • Pantau dan sesuaikan pengaturan privasi Facebook Anda.
  • Bersikap lebih selektif dalam meminta atau menerima permintaan menambah teman.
  • Nonaktifkan seluruh pilihan di bagian keamanan privasi dan notifikasi surel, lalu aktifkan kembali satu per satu setelah Anda memeriksanya dengan seksama.

Dikutip dari AllFacebook, Sophos mengatakan bahwa jenis penipuan yang paling sering dilakukan di Facebook adalah:

  1. Cross-site scripting atau XSS. Sering disamarkan ke dalam messages di Facebook, misalnya pesan dengan judul “Why are you tagged in this video?”, jenis penipuan ini akan membawa para pengguna ke situs yang nantinya akan memancing mereka untuk melakukan copy paste kode JavaScript berbahaya ke address bar di browser mereka. Penipuan ini juga bisa muncul secara tersembunyi dalam berbagai kode JavaScript dan akan menyisipkan malware tanpa diketahui pengguna.
  2. Click-jacking. Penipuan jenis ini biasanya muncul dalam bentuk link yang bisa di-klik yang justru akan meng-install aplikasi yang dapat membongkar identitas pengguna. Click-jacking biasanya dibuat berdasarkan kode JavaScript dan Flash, sehingga sangat penting untuk terus meng-update Adobe Flash Player di komputer Anda untuk mencegah penipuan jenis ini.
  3. Survey scams. Ini sebenarnya adalah bentuk lain dari click-jacking. Para pengguna diminta untuk mengisi formulir survei dan bila formulir tersebut selesai diisi dan dikirim, para pengguna akan menyebar formulir survei ini ke seluruh teman-temannya tanpa mereka sadari.
  4. Pencurian identitas. Hampir semua jenis penipuan yang ada di internet bertujuan untuk mencuri identitas para penggunanya. Identitas curian ini nantinya akan dipakai untuk melakukan menutupi aksi penipuan lainnya sehingga pelaku aslinya tidak ketahuan.

Melihat betapa pentingnya menjaga keamanan akun ada di Facebook, langkah apa saja yang sudah Anda tempuh untuk melindungi akun Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda