Scroll to Top

Beralih ke Android, Rakyat Indonesia Tinggalkan BlackBerry?

By Melissa / Published on Wednesday, 12 Sep 2012

Beralih ke Android, Rakyat Indonesia Mulai Meninggalkan BlackBerry?

Indonesia yang digadang-gadang sebagai ‘negara BB’ sepertinya mulai berpindah ke lain hati. RIM yang sedang terpuruk kembali dihantam dengan serbuan smartphone berbasis Android.

Berdasarkan riset dari firma analis IDC, pengiriman smartphone dengan OS Android mencapai 52% di tahun 2012 ini.

Samsung, HTC dan Sony yang terus berinovasi tanpa henti ditambah dengan ketidakjelasan mengenai rilisnya perangkat BB10 dituding sebagai penyebab utama menurunnya popularitas BlackBerry di Indonesia.

Dikutip dari The Next Web, Darwin Lie dari IDC mengatakan tertundanya rilis BlackBerry 10 hingga tahun 2013 membuat para penggemarnya tertarik untuk mencoba OS lain.

RIM sendiri sebenarnya mengakui Indonesia sebagai pasar yang sangat potensial dengan meluncurkan BlackBerry 9790 Bellagio di Jakarta.

Samsung sebagai produsen handphone terbesar sepertinya mulai menantang RIM dengan meluncurkan berbagai smartphone dengan range harga yang sangat variatif.

IDC juga menambahkan bahwa smartphone masih akan terus mendominasi pasar Indonesia. Hal ini terlihat dari pertumbuhan pengiriman jumlah smartphone sebesar 13% per tahunnya, yaitu sekitar 7 juta unit di tahun 2012.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Android akan menumbangkan ‘kerajaan’ RIM di Indonesia?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda