Scroll to Top

iPhone 5: Release Date Indonesia, Harga & Spesifikasi

By Ditya / Published on Thursday, 13 Sep 2012

iphone-5-3

Apple akhirnya memperkenalkan iPhone 5, smartphone generasi terbarunya melalui acara yang digelar di Yerba Buena Center, California, Amerika Serikat. Fans Apple di Indonesia tentu sudah tak sabar menunggu release date iPhone 5 di Indonesia, berikut spesifikasi dan harga iPhone 5.

iPhone 5 ini dibekali layar yang berukuran lebih besar dibanding pendahulunya, yaitu 4 inci dengan resolusi 1136 x 480 piksel dengan kerapatan piksel mencapai 326 ppi (pixel per inch), bandingkan dengan pendahulunya yang mengusung layar 3,5 inci dengan resolusi 960 x 480 piksel.

iPhone 5 ini mengalami sedikit perubahan desain, karena layarnya yang lebih besar, iPhone 5 ini terlihat lebih tinggi dibanding pendahulunya. iPhone 5 ini diklaim sebagai smartphone tertipis dengan ketebalan hanya 7,6mm dan berat hanya 112 gram.

Tak hanya tampilan luar, dapur pacu iPhone 5 pun menggunakan chip baru yakni Apple A6 yang diklaim memiliki performa prosesor dan grafis 2x lebih cepat dibanding pendahulunya. Sayanganya sampai saat ini belum diketahui spesifikasi kecepatan dan jumlah core dari prosesor Apple A6 ini.

iPhone 5 3

Smartphone terbaru besutan Apple ini mengusung kamera dengan resolusi 8 megapiksel yang diklaim lebih cepat dalam hal pengambilan gambar. iPhone 5 juga mengusung konektor dock yang baru dan lebih tipis yang dijuluki sebagai lightning connector. iPhone 5 juga mengusung baterai dengan kapasitas yang lebih besar dengan daya tahan yang lebih lama.

Smartphone besutan Apple yang banyak ditunggu-tunggu ini juga telah mendukung teknologi 4G LTE (Long Term Evolution). Tak hanya itu, iPhone 5 juga mendukung 3G, HSPA, HSPA+, DC HSPA dan dual band WiFi serta Bluetooth.

iPhone 5 ini menggunakan sistem operasi mobile terbaru Apple iOS 6 sebagai sistem operasi standar yang terinstall didalamnya. iOS 6 sendiri kabarnya baru resmi dirilis pada 19 September mendatang.

iPhone 5 tersedia dalam 3 pilihan kapasitas penyimpanan, yaitu 16 GB dengan bandrol USD $199 atau sekitar Rp. 2 jutaan, 32GB dengan bandrol USD $299 atau sekitar Rp. 3 jutaan dan 64GB dengan bandrol USD $399 atau sekitar Rp. 4 jutaan.

Perlu diingat bahwa harga diatas adalah harga iPhone 5 untuk kawasan Amerika. Harga iPhone 5 di Indonesia diperkirakan akan lebih tinggi dari harga yang tercantum di paragraf diatas dan diperkirakan harga iPhone 5 di Indonesia mulai Rp.7,5 jutaan.

Harga yang ditawarkan di Amerika Serikat terlihat iPhone 5 ini cukup murah, namun harga murah tersebut diikuti dengan konsekuensi kontrak dengan operator seluler yang mensyaratkan pemakaian minimal sekian dollar sebulan selama jangka waktu tertentu. Sehingga jika dihitung dengan teliti, harga iPhone 5 di Amerika hampir sama mahalnya dengan di Indonesia.

Seperti yang dilansir dari DetikINET (13/09/2012), pre-order iPhone 5 akan dimulai pada 14 September mendatang dan penjualan pertama untuk AS, Inggris dan Perancis mulai tanggal 21 September, sementara untuk pasar Indonesia belum ada kepastian, namun diperkirakan tidak akan jauh dari tanggal penjualan perdana 21 September.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda