Install Windows 8

Windows 8 tak hanya membawa fitur dan tampilan baru, namun juga membawa peningkatan performa dan kecepatan instalasi. Instalasi Windows 8 ini lebih cepat 50% dari pendahulunya, Windows 7.

Deployment marketing manager Microsoft, Michael Niehaus bersama beberapa tokoh Tech.Ed Australia 2012 telah melakukan ujicoba instalasi sistem operasi Windows 8 baik menggunakan metode clean install atau pun metode upgrade.

Seperti yang dilansir dari Hexus (12/09/2012), metode clean install sendiri adalah metode instalasi total tanpa melalui proses upgrade sistem operasi yang versi sebelumnya yang telah terinstall.

Windows 8 sendiri dirancang agar kompatibel dengan perangkat yang dirancang untuk Windows 7. Beberapa pihak mengatakan bahwa Windows 8 sebenarnya memiliki hardware requirement atau persyaratan perangkat keras yang lebih rendah dibanding Windows 7.

Sistem operasi terbaru Microsoft ini tak hanya diklaim lebih ringan, tapi juga lebih cepat dari segi performa maupun waktu instalasi yang diperlukan dibanding pendahulunya, Windows 7, bahkan Windows 8 50% lebih cepat waktu installnya dibanding Windows 7.

win 7 win 8

Dari pengujian yang dilakukan oleh Hexus, menggunakan metode clean Install, Windows 7 memakan waktu instalasi 20 menit sedangkan Windows 8 hanya memakan waktu 10 menit saja.

Sedangkan menggunakan metode upgrade, Windows 7 memakan waktu instalasi selama 30 menit, sedangkan Windows 8 hanya memakan waktu 15 menit. Tidak berlebihan jika Windows 8 diklaim 50% lebih cepat waktu instalasinya dibanding pendahulunya.

Sistem operasi terbaru besutan Microsoft ini juga memakan ruang di hardisk lebih sedikit, yaitu 7,76GB, sedangkan instalasi Windows 7 memakan ruang penyimpanan sebesar 8GB, sehingga Windows 8 sedikit lebih ramping.