Scroll to Top

HEMU-430X: Kereta Api Tercepat di Dunia dari Korea Selatan

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 13 Sep 2012

hemu-430x

Korea Selatan segera memiliki transportasi kereta api tercepat di dunia. Saat ini tengah dipersiapkan kereta api kapsul HEMU-430X yang diklaim dapat melakukan perjalanan hingga kecepatan maksimum 454 kilometer per jam. Dalam sebuah ujicoba, kereta mampu sudah mampu mencapai kecepatan rata-rata 430 kilometer per jam. Dan, nantinya ditargetkan bakal menjadi kereta api komersial tercepat di dunia.

Rekor kereta api tercepat saat ini dipegang oleh Perancis. Sementara untuk kereta api tercepat di dunia yang sudah dikomersialkan, dipegang oleh China. Korea Selatan sendiri masih terus akan melakukan pengembangan agar kecepatan bisa menembus lebih dari 430 kilometer per jam hingga akhir tahun ini. Kereta api yang sudah ada di Korea Selatan saat ini maksimal “hanya” menembus kecepatan 352 kilometer per jam.

HEMU-430X terus digeber ujicobanya hingga tahun 2015. Jarak tempuh selama pengujian direncakanan mencapai 100 ribu kilometer. Perjalanan ditempuh dari Busan hingga stasiun Dongdaegu. Setelah itu akan dilakukan kajian untuk menjadikan kereta ini menjadi kereta komersial.

Dikutip dari KBS World, pengembangan kereta api ini melibatkan 50 perusahaan di dalam dan luar negeri Korea Selatan. Hyundai adalah salah satu produsennya. Investasi yang sudah ditanamkan untuk proyek ini mencapai 60 juta Euro. Jika proyek ini berhasil, nantinya perjalanan dari satu ujung ke ujung terjauh di Korea Selatan, bisa ditempuh dalam waktu 90 menit di tahun 2016 atau 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda