Scroll to Top

Kemungkinan Waktu Penyakit Jantung Menyerang

By C Novita / Published on Thursday, 13 Sep 2012

sakit jantung

Penyakit jantung akan sangat berbahaya jika tekanan darah melonjak drastis, sehingga menyebabkan pembuluh darah pecah atau dikenal sebagai stroke.

Ternyata ada beberapa waktu dimana kemungkinan stroke atau serangan jantung timbul lebih besar dibanding waktu yang lain. Kapan sajakah waktu-waktu tersebut?

  • 1. Usai berolahraga keras.

Sudah ada beberapa contoh artis Indonesia yang mengalami serangan jantung setelah usai berolahraga keras. Misalnya saja Aji Masaid. Ini biasanya terjadi sebab orang tersebut tak terbiasa melakukan olahraga tersebut, dan memaksakan diri melakukannya di suatu waktu. Akibatnya tekanan darah meningkat, demikian juga produksi hormon stress.

  • 2. Pagi hari.

Penelitian yang dilakukan oleh tim Universitas Harvard, mengatakan bahwa kemungkinan stroke pada pagi hari lebih besar 40%. Pagi hari adalah waktu untuk sekresi adrenalin dan hormon stress, sehingga terjadi peningkatan tekanan darah. Saat ini seseorang butuh banyak oksigen, dan juga cairan sebab tubuh mengalami sedikit dehidrasi saat tidur.

  • 3. Usai makan enak.

Makanan enak biasanya cenderung  mengandung banyak lemak dan kolesterol tinggi. Ini membuat tingkat kekentalan darah meningkat, atau mengalami penggumpalan sehingga membuat kerja jantung makin berat. Akibatnya, serangan jantung terjadi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda