Scroll to Top

Google dan Kemenkominfo Bekerjasama Basmi Download Musik Ilegal

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 13 Sep 2012

Download Musik Ilegal

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) tidak main-main dalam niatnya untuk membasmi download musik ilegal. Mereka telah menggandeng Google untuk duduk bersama dan mendiskusikan masalah ini.

Dalam pertemuan yang diadakan di Kantor Kemenkominfo pada Rabu (12/09/12) kemarin, baik Google dan Kemenkominfo sepakat untuk memerangi problematika illegal property right. Google juga menyerukan agar pemilik konten dalam hal ini adalah musisi, harus berperan secara aktif.

“Kami tadi melakukan pertemuan, di mana Menkominfo, Google, dan pihak Industri musik Indonesia berkumpul untuk membicarakan permasalahan illegal property right. Dalam pertemuan tersebut secara keseluruhan Google menekankan beberapa poin mengenai isu tersebut,” terang Kasubdit E-Bisnis Kominfo Nooriza, seperti dikutip dari OkeZone, Kamis (13/09/12).

Fihak Google diwakili oleh Country Lead Public Policy and Government Affair Google Asia Pasific Mike Orgill. Dan Google mencontohkan, jika di Youtube saat ini telah tersedia Content Identification Managemen. Dengan kebijakan ini maka musisi sah bisa meminta menghapus sejumlah konten yang terindikasi ilegal.

Google sendiri mengaku telah menghapus setidaknya enam juta URL konten ilegal secara global. Mike Orgill menegaskan, musisi sah harus aktif dalam perang hak cipta ini. Jika mereka menemukan URL yang memuat konten tidak sah, sila lapor pada Google.

“Menurut paparan Orgill Google sudah menghapus lebih dari enam juta URL konten ilegal secara global, kemudian pihak Google pun menerima laporan baru mengenai URL yang memuat konten ilegal asalkan pihak pemilik konten legal secara sah langsung melaporkannya,” pungkas Nooriza.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda