Scroll to Top

Manfaat Tidur untuk Kecantikan Kulit

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 13 Sep 2012

kulit cantik

Jika ingin memperhatikan kecantikan kulit, sebaiknya perhatikan aktivitas tidur Anda. Memenuhi kebutuhan tidur harian memberikan manfaat bagi tubuh secara total, termasuk untuk kecantikan. Orang yang kurang tidur cenderung memiliki fungsi tubuh tidak maksimal dan cenderung menjadi sebab yang mengundang hadirnya berbagai penyakit akibat kekebalan tubuh menurun.

Dikutip dari QuickEasyFit, inilah pengaruh cukup tidur terhadap kecantikan kulit Anda:

  • Menjaga elastisitas kulit. Terpenuhinya kebutuhan untuk tidur berarti seseorang telah mempertahankan elastisitas kulitnya. Pasalnya, tidur dapat merangsang hormon yang memroduksi kolagen. Anda tidak perlu suntikan kolagen jika pola tidur dirancang dengan cermat. Kolagen yang Anda punya bahkan dari sumber alami.
  • Membantu penyerapan produk kosmetik. Produk pelembab, antikerut, atau antijerawat lebih mudah menyerap ke dalam kulit saat kondisinya sehat. Selama tidur, kulit lebih mudah melakukan penyerapan untuk produk-produk kosmetik kulit.
  • Melancarkan aliran darah. Semakin lancar aliran darah Anda, berarti distribusi okasigen makin merata ke seluruh tubuh. Ini membantu regenerasi sel termasuk pada bagian kulit. Saat aliran kurang lancar maka bisa menyebabkan penurunan regenerasi sel yang menyebabkan kulit kusam atau keriput. Selain dengan tidur, jauhi berbagai gaya hidup yang bisa menyebabkan aliran darah kurang lancar. Misalnya merokok, minum alkohol, dan sebagainya.
  • Menghilangkan stres. Stres bisa mengganggu pola tidur. Namun, tekanan hidup ada kalanya juga bisa diselesaikan dengan tidur terlebih dahulu. Stres memengaruhi kemampuan tubuh untuk merevitalisasi sel.
  • Menjaga reproduksi sel setiap hari. Mencukupi tidur harian secara rutin akan secara aktif merangsang pembentukan sel-sel kulit baru untuk memperbarui sel kulit mati. Sel kulit yang tidak layak akan segera dimatikan dan memberi kesempatan calon sel kulit baru untuk terproduksi. Ini bisa mencegah terbentuknya komedo dan jerawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda