Scroll to Top

Luca Toni Siap Ulangi Kisah Sukses Bersama Fiorentina

By Naqib Najah / Published on Friday, 14 Sep 2012

Siapa pun berhak termotivasi kisah sukses yang pernah ia alami, tak terkecuali mantan striker Internasional Italia, Luca Toni. Striker jangkung yang akhirnya kembali bergabung dengan mantan klubnya, Fiorentina tersebut termotivasi akan kilau prestasinya di tahun 2005/2006 bersama La Viola.

Luca Toni (35) meluapkan kegembiraannya setelah kembali ke negeri sendiri, Italia. Sebelumnya, ia bermain untuk klub Uni Emirat Arab, Al Nasr. Tampil kurang memuaskan sejak kedatangannya Januari awal tahun lalu, Al Nasr akhirnya merelakan Luca Toni untuk meninggalkan klub.

Kini, bersama Fiorentina, Luca Toni siap terlahir kembali.

“Saya tidak sabar bermain lagi di lapangan dan membuat fans gembira,” ucap Toni kepada Corriere dello Sport. “Saya senang kembali lagi. Saya menikmati tahun yang indah di sini (Fiorentina). Saya ingin memulainya lagi. Kami dapat memainkan sepakbola yang bagus tahun ini. Ini proyek terbaik saya.”

Di Artemio Franchi, Luca Toni meraih kejayaannya pada tahun 2005/2006. Saat itu Luca Toni berdiri sebagai pencetak gol terbanyak Serie A dengan sumbangan 31 gol untuk klubnya. Di tahun berikutnya, duetnya bersama Adrian Mutu di lini depan menjadi salah satu yang terbaik di Liga Italia. Total, selama dua musim bersama La Viola Luca Toni telah mencetak 47 gol dari 67 caps yang pernah ia jalani.

Atas dasar prestasi itu, Bayern Munich datang mengontraknya hingga 2010. Karir Toni akhirnya merosot, ia sempat dipinjam ke AS Roma tahun 2010, setahun berikutnya ia berseragam Genoa, lalu di tahun 2011 ia direkrut oleh Juventus.

Luca Toni melihat Fiorentina saaat ini diisi oleh skuad muda yang kompetitif. Salah satu pemain idolnya adalah Borja Valero. Sekalipun Luca Toni tidak sebegitu mengenalnya, namun prmainan apiknya saat latihan membuat striker yang bertinggi badan 1.96 m. tersebut kagum.

“Pemain baru yang berkesan menurut saya? Borja Valero. Saya tidak mengenalnya, tetapi saya kagum ketika berlatih bersama,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda