Scroll to Top

Grup B Piala Dunia U-20: Portugal Mengatasi Selandia Baru 1-0

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 06 Aug 2011

Barangkali Grup B Piala Dunia U-20 adalah grup terpelit dalam mencetak gol. Ketika di grup lain, Nigeria, Arab Saudi, Mesir, dan Brazil bisa mencetak 4 hingga 5 gol dalam sebuah pertandingan, tidak demikian di grup ini. Maksimal, hanya terlahir dua gol dalam sebuah laga.

Hal ini  berlanjut dalam pertandingan penentuan antara Portugal melawan Selandia Baru. Portugal hanya membutuhkan hasil seri untuk menjadi juara grup. Sementara itu, Selandia Baru yang mengandalkan kepahlawanan Stefan Marinovic, setidaknya berharap untuk mendapatkan satu poin.

Jika hasil ini digapai, Selandia Baru akan menjadi peringkat ketiga grup dengan nilai tiga poin. Dibandingkan peringkat ketiga grup F, Inggris, Selandia Baru lebih unggul karena sudah mampu mencetak satu gol sementara Inggris nol.

Namun, kenyataan berbeda dengan skenario. Portugal yang tinggal membutuhkan satu poin justru bermain lebih baik. Selandia Baru yang datang ke Piala Dunia U-20 seolah-olah hanya untuk mengetes kiper andalan mereka, dipaksa bertahan.

Kali ini tidak ada keajaiban seperti dua pertandingan sebelumnya. Pada menit 31, Nelson Oliviera memberi umpan terobosan cantik kepada Mario Rui. Tanpa bertele-tele, mengalahkan para bek Selandia Baru, Rui melepaskan tembakan yang gagal dibendung Stefan Marinovic.

Babak kedua, tidak banyak yang berubah. Portugal mendominasi permainan dan Selandia Baru cuma sesekali menyerang. Namun, tidak ada yang istimewa dari serangan Selandia Baru. Hasil akhir tetap 1-0 untuk kemenangan Portugal.

Melalui pertandingan ini, Portugal mengoleksi 7 poin dan menjadi juara grup. Mereka kemungkinan akan berhadapan dengan peringkat ketiga grup A, C, atau D. Sementara itu, Selandia Baru tinggal menunggu nasib. Berharap, ada dua tim lain di peringkat ketiga grup yang cuma mendapatkan poin 1 atau berpoin 2 dengan selisih kemasukan lebih dari minus satu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda