Scroll to Top

Charlie Miller, Mantan Hacker iPhone Gabung Tim Keamanan Twitter

By Ibnu Azis / Published on Monday, 17 Sep 2012

Charlie Miller

Twitter merekrut Charlie Miller, figur yang dikenal sebagai sosok peretas handal di perangkat Apple. Ia adalah hacker yang memiliki aksi ‘mengeksploitasi’ kerentanan kemananan di pelbagai perangkat iPhone, iPad, dan MacBook Air.

Charlie Miller yang akan bergabung dengan Twitter pada Senin (17/09/12) ini, sebelumnya bekerja di Accuvant, sebuah perusahaan konsultan keamanan. Berita kepindahannya ke Twitter ia kabarkar di linimasa lewat akun Twitter pribadinya.

Tentu saja Charlie Miller akan memikul tanggung jawab berat di pundaknya. Twitter baru-baru ini mengambil sejumlah langkah tegas di sisi keamanan situsnya. Namun Charlie Miller memiliki segudang pengalaman yang cukup mumpuni di bidangnya.

Sebelum bergabung dengan perusahaan konsultan Accuvant, Charlie Miller mnghabiskan lima tahun untuk National Security Agency. Pada tahun 2008 ia memenangkan konferensi hacker Pwn2Own di Vancouver Kanada yang mampu menemukan bug kritis di ultratin MacBook Air.

Tahun berikutnya ia memenangkan USD 5.000 untuk penemuan ‘keretakan’ di Safari. Pada tahun 2009 ia mampu menunjukkan kerentanan pengolahan SMS yang memungkinkan kompromi iPhone untuk penolakan terhadap serangan ponsel lain.

Pada tahun 2011 ia menemukan sebuah celah keamanan di iPhone dan iPad yang memungkinkan menghubungkan komputer secara jarak jauh (remote) untuk mengunduh software berbahaya. Sebagai pembuktian akan temuannya, ia menciptakan aplikasi yang bernama Instastock yang kemudian direstui Apple.

Charlie Miller mendapat gelar Ph.D dalam bidang matematika dari Universitas Notre Dame. Ia saat ini tinggal di St. Louis, Missouri, Amerika Serikat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda