Scroll to Top

PSSI Konflik Berkepanjangan, FIFA Angkat Tangan

By Aditya / Published on Monday, 17 Sep 2012

La Nyalla - Djohar Arifin

Kisruh PSSI yang belum juga memperlihatkan tanda-tanda usai barangkali membuat FIFA pusing. Bahkan, badan sepakbola dunia itu diyakini tidak akan mampu menyelesaikan konflik yang terjadi di PSSI. Setidaknya hal itulah yang menjadi pemikiran pengamat sepakbola, Rayana Jakasurya.

Sosok yang pernah menjadi koresponden media olahraga nasional terkemuka dan ditugaskan di Italia itu berpendapat bahwa polemik yang terjadi di persepakbolaan Indonesia, termasuk kisruh PSSI, telah membuat Presiden FIFA, Sepp Blatter, pening. Lantaran itulah, kata Rayana Jakasurya, FIFA mengembalikan kepada Indonesia untuk menyelesaikan konflik yang ada.

“FIFA pun tidak bisa menyelesaikannya. Buktinya, mereka meminta agar Indonesia menyelesaikannya sendiri. Bahkan, Joseph ’Sepp’ Blatter pusing memikirkan sepakbola Indonesia,” tandas Rayana Jakasurya belum lama ini.

Tak hanya FIFA, juga AFC, yang pusing melihat kisruh sepakbola Indonesia yang tak kunjung usai. Menurut Rayana Jakasurya, beberapa federasi sepakbola di negara lain pun turut sedih lantaran kondisi persepakbolaan di Indonesia yang belum membaik, salah satunya adalah federasi sepakbola Italia atau FIGC.

“Bahkan, federasi sepakbola Italia (FIGC) mengetahui betul kondisi sepakbola Indonesia. Enam bulan lalu saya ke Italia, mereka mengaku sedih ketika melihat pertandingan timnas kalah 10-0 dari Bahrain di laga kualifikasi Pra-Piala Dunia 2014 Grup E zona Asia di Stadion Nasional Manama,” ujar Rayana Jakasurya.

“Mereka (FIGC) sempat mencurigai adanya pengaturan skor. Bahkan, mereka menilai bukan timnas jika bermain dengan kondisi tersebut, melainkan turis yang berlibur,” pungkas mantan jurnalis olahraga ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda