Scroll to Top

Renren, Jejaring Sosial China Jiplak FB Timeline

By Ibnu Azis / Published on Monday, 17 Sep 2012

Renren 1

Rakyat China memang tak bisa menikmati Facebook. Namun mereka tetap bisa berjejaring sosial lewat jejaring sosial lokal. Renren, jejaring sosial lokal China bahkan memiliki desain menyerupai dengan FB Timeline yang telah diluncurkan tahun lalu.

Sejak tahun 2005 Renren mencoba untuk lebih ‘dekat’ dengan Facebook. Mulai dari tampilan News Feed, profil, hingga mobile, jejaring sosial Tirai Bambu ini memiliki desain yang menyerupai Facebook.

Dan bahkan untuk peraturan pengguna yang mereka terapkan, juga tak jauh berbeda dengan Facebook. Renren hanya mengizinkan usia tertentu (siswa) untuk bergabung dan membuka pintu bagi pengembang pihak ketiga untuk membuat platform.

Stefan Parker adalah orang pertama yang mengomentari desain baru Renren. Lewat laman Facebook-nya, ia membagikan kabar perubahan desain Renren yang menyerupai Facebook. Ia bahkan mengkritisi perubahan ini terkait dengan tata letak dan desain.

Renren 2

Stefan Parker sendiri adalah UI Engenerring Facebook yang turut membangun desain FB Timeline. Ia juga pernah terlibat dalam perubahan desain home page Facebook, desain Facebook foto gallery, serta Facebook foto theater.

Facebook sendiri telah diblokir di China sejak beberapa tahun yang lalu. Beberapa waktu silam Direktur Facebook Asia Utara Jayne Leung menegaskan jika Facebook tetap tak memiliki rencana untuk memerluas jaringan ke negara ini.

Desain timeline ala Renren ini sendiri telah diluncurkan pada bulan lalu. Meski tidak memiliki pengguna yang besar laiknya Facebook, total pengguna Renren telah menyentuh di angka 162 juta dengan pengguna aktif bulanan mencapai 45 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda