Scroll to Top

Jose Mourinho Alami Musim Terburuk?

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 17 Sep 2012

Jose Mourinho

Jose Mourinho harus bekerja keras saat melawan Manchester City di Liga Champions pertengahan pekan ini untuk menyelamatkan Real Madrid yang tengah limbung. Tiga angka dipatok demi menyelamatkan kubu Santiago Bernabeu dari ‘kutukan bulan September’ yang pernah menimpa The Special One lima tahun lalu.

Jose Mourinho belum pernah berada dalam kondisi seperti ini dalam 12 tahun karier kepelatihannya. Real Madrid memang sudah mendapatkan satu gelar Piala Super Spanyol 2012. Namun, perjalanan mereka tidak mengesankan. Enam laga berlalu, Madrid cuma meraih 2 kemenangan, 1 hasil seri, dan 3 kekalahan. Mereka mencetak 9 gol dan terbobol 8 kali.

Khusus di liga, ini adalah start terburuk El Unico. Los Blancos tercecer di papan tengah dan tertinggal 8 angka dari Barcelona. Tim yang musim lalu bisa dikangkangi 9 poin di klasemen terakhir.

Menarik jika kita membandingkan keadaan Real Madrid kali ini dengan nasib Chelsea lima tahun lalu. Ketika itu, Jose Mourinho terpaksa angkat kopor dari Stamford Bridge setelah berselisih paham dengan Roman Abramovich. Plus, hasil buruk yang diterima The Blues sepanjang bulan September.

Pada 2 September 2007, Chelsea dibekap Aston Villa 1-0. Hal ini berlanjut dengan dua hasil seri beruntun di kandang. Yaitu imbang 0-0 dengan Blackburn Rovers (15 September 2007) dan 1-1 dengan Rosenborg di Liga Champions (18 September 2007). Rentetan kesialan Chelsea kemudian membuat Jose Mourinho meninggalkan Inggris pada 20 September 2007 waktu setempat.

Sebuah kebetulan, tahun ini Real Madrid berhadapan dengan Sevilla pada 15 September waktu setempat. Hasilnya, Los Blancos kalah. Dan selang tiga hari kemudian, Madrid akan menghadapi Manchester City.

Apakah kejadian lima tahun lalu akan terulang? Madrid gagal menang menghadapi The Citizens, lalu dua hari kemudian Jose Mourinho angkat kopor? Sulit mengiyakannya karena saat Mou meninggalkan Chelsea, perseteruan dengan Roman Abramovichlah yang menjadi kendala utama.

Namun, bukan tidak mungkin pula hal ini –hengkangnya Mourinho—, meskipun akan jauh lebih lambat, akan terjadi jika Madrid terus menuai hasil buruk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda