Scroll to Top

Z2C, Android Dual-Core Seukuran Flashdisk

By Ditya / Published on Monday, 17 Sep 2012

Z2C

Masih ingat FXI Cotton Candy? Sebuah komputer Android mini seukuran USB flashdisk. Kini telah hadir Z2C, sebuah komputer Android mini yang ditenagai oleh prosesor dual-core dan berukuran mungil seperti USB flashdisk.

Populernya komputer mini seperti Raspberry Pi serta sistem operasi Android ini tampaknya membuat banyak produsen untuk turut menghadirkan komputer mini seperti FXI Cotton Candy dan Z2C.

Komputer mini Z2C ini mengikuti jejak FXI Cotton Candy yang menawarkan ukuran mini yang sekilas mirip dengan sebuah USB flashdisk. Meski Z2C ini berukuran mini, namun jangan remehkan tenaga yang tersimpan didalam komputer mini ini.

Komputer mini besutan Zero Devices ini ditenagai oleh prossor Rockchip RK3066 yang didalamnya terdapat prosesor dual-core ARM Cortex-A9 dan didukung oleh memori RAM sebesar 1GB.

Berbeda dengan pesaingnya seperti FXI Cotton Candy atau MK802 yang menawarkan prosesor All Winner A10 ARM Cortex-A8 single-core, Z2C ini menawarkan solusi pemrosesan yang lebih kuat melalui prosesor Rockchip dual-core yang diusungnya.

Salah satu kekurangan dari prosesor Rockchip yang diusung oleh Z2C ini adalah tidak adanya dukungan resmi untuk menjalankan sistem operasi lain selain Android. Pesaingnya yang menggunakan prosesor All Winner A10 dapat menjalankan berbagai distro Linux seperti Ubuntu dan Fedora.

Z2C ini dibekali dengan ruang penyimpanan sebesar 8GB dan disediakan slot microSD untuk ekspansi ruang penyimpanan bagi yang merasa kurang dengan memori internal yang disediakan.

Seperti yang dilansir dari TGDaily (17/09/2012), Z2C datang dengan sistem operasi Android 4.0 ICS dengan harga USD $82 atau sekitar Rp 800 ribuan serta pemesanan akan dibuka dalam waktu dekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda