Scroll to Top

Preview Supercoppa Italia: Adu Gengsi Duo Milan di Beijing

By Wan Faizal / Published on Saturday, 06 Aug 2011

Duo tim asal kota Milan, AC Milan dan Inter Milan, akan berhadapan dalam laga Supercoppa Italia 2011 atau biasa dikenal dengan nama Piala Super Italia di Beijing, China.

Laga Supercoppa Italia memang rutin digelar setiap menyambut awal musim baru yang mempertemukan pemegang scudetto dan juara Coppa Italia musim sebelumnya.

Menilik dari pertemuan terakhir kedua klub di Serie-A 2010-2011, Milan tentunya lebih diunggulkan dari Inter karena mampu mengalahkan Inter pada laga kandang dan tandang. Apalagi saat ini Inter sedang beradaptasi dengan pelatih baru mereka, Gian Piero Gasperini.

I Rossoneri tidak akan diperkuat dua pemain anyarnya di lini belakang dalam laga yang akan berlangsung Sabtu (6/8) pukul 20.00 WIB ini. Taye Taiwo terkena larangan bermain, sedangkan Philippe Mexes masih belum sembuh dari cedera lutut yang dideritanya sejak di AS Roma musim lalu.

Namun, tanpa Taiwo dan Mexes, skuad Milan tetap yakin bisa mengawali Serie-A 2011-2012 dengan sebuah gelar juara. Apalagi kondisi para pemain pilar lain macam Zlatan Ibrahimovic, Alexander Pato, dan Thiago Silva sangat baik.

“Kami ingin mengawali musim baru dengan trofi Supercoppa Italia. Apalagi lawan kami nanti adalah Inter. Motivasi kami untuk memenangkan pertandingan itu sangat tinggi,” ujar Massimo Ambrosini.

Sementara dari kubu La Beneamata, mereka masih beradaptasi dengan formasi 3-4-3 yang diusung Gasperini. Formasi itu memang selalu menjadi pakem yang dipakai Gasperini saat menangani Genoa.

Situasi Inter semakin sulit karena mereka memutuskan untuk memberi libur tambahan bagi beberapa pemain utama mereka yang bermain di Copa America 2011 seperti Lucio, Maicon, Esteban Cambiasso, dan Diego Milito.

Pemain lain yang tidak akan memperkuat Inter dalam pertandingan nanti adalah Yuto Nagatomo dan Emiliano Viviano yang menderita cedera. Sedangkan Dejan Stankovic masih belum pasti turun karena cedera lututnya kambuh saat menjalani sesi latihan.

Berbagai halangan itu ternyata tidak mengendurkan semangat pasukan biru-hitam untuk merebut gelar Supercoppa Italia. Apalagi mereka berambisi membalas dendam atas dua kekalahan yang mereka derita dari Milan musim lalu.

“Momen paling menyakitkan bagiku adalah saat kami kalah 0-3 dalam derby musim lalu. Awalnya aku yakin bisa menang, namun kami kalah telak. Hal itu tak akan terjadi lagi dalam pertandingan nanti,” kata striker Inter, Giampaolo Pazzini.

Benar. Inter tidak perlu merasa minder dengan berbagai halangan yang mereka alami. Dalam sebuah pertandingan derby, faktor teknis tidak terlalu berpengaruh. Semangat bermain dan gengsi sebagai tim terbaik kota Milan akan lebih berperan dalam pertandingan malam nanti.

Perkiraan formasi:

AC Milan: Christian Abbiati, Gianluca Zambrotta, Alessandro Nesta, Thiago Silva, Ignazio Abate, Gennaro Gattuso, Mark van Bommel, Clarence Seedorf, Prince Boateng, Alexander Pato, Zlatan Ibrahimovic. Pelatih: Massimiliano Allegri

Inter Milan: Julio Cesar, Andrea Ranocchia, Walter Samuel, Cristian Chivu, Davide Santon, Javier Zanetti, Thiago Motta, Wesley Sneijder, Samuel Eto’o, Goran Pandev, Giampaolo Pazzini. Pelatih: Gian Piero Gasperini

Head to head:

02-04-2011: Milan 3-0 Inter

14-11-2010: Inter 0-1 Milan

24-01-2010: Inter 2-0 Milan

29-08-2009: Milan 0-4 Inter

26-07-2009: Milan 0-2 Inter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda