Scroll to Top

Innocence of Muslim Menuai Banyak Kecaman di Seluruh Dunia

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 18 Sep 2012

Demonstrasi Innocence of Muslims

Film Innocence of Muslims atau Innocence of Islam besutan Sam Bacile (Nakoula Basseley) terus menuai banyak kecaman di seluruh dunia. Demonstrasi memprotes keberadaan film yang menghina Nabi Muhammad saw. ini tidak hanya terjadi di luar negeri, tetapi juga di Indonesia.

Film Innocence of Muslims yang penuh kontroversi menyulut protes dari umat Islam di seluruh penjuru dunia. Tak terkecuali di Indonesia. Sebagai contoh, ICMI (Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia) melalui Ketua Presidium, Prof. Nanat Fatah Nasir.

Seperti dikutip Metro TV, ICMI meminta ketegasan hukum terhadap film tersebut. Di sisi lain, masyarakat Indonesia diminta untuk tetap berkepala dingin dan tidak terprovokasi untuk melakukan tindakan kekerasan.

“ICMI mengutuk film yang menghina Islam tersebut. (Penyebaran film tersebut) tidak sesuai dengan konvensi HAM PBB. Masyarakat silakan protes, tetapi jangan sampai melakukan kekerasan,” kata Prof. Nanat.

Sementara itu, demonstrasi terhadap film Innocence of Muslims, sudah digelar di seluruh dunia. Dimulai dari aksi protes di Libya. Umat Islam di negara lain pun menunjukkan solidaritas mereka sekaligus menegaskan bahwa film Innocence of Islam sudah melukai perasaan umat. Mulai dari tanah Inggris, Turki, hingga Australia. Di Indonesia sendiri, demonstrasi terjadi di depan kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat pada Senin, 17 September 2012.

Demonstrasi ini sendiri diwarnai dengan pembakaran bendera Amerika Serikat. Para pendemo berniat untuk bersua dengan Duta Besar Amerika Serikat, namun hal ini tidak dikabulkan oleh pihak kepolisian. Akibatnya sempat terjadi kericuhan. Tiga polisi terluka dan empat orang yang diduga sebagai provokator ditangkap.

FUI, salah satu kelompok yang melakukan demonstrasi, melalui sekjen mereka Al-Khaththah, berjanji akan tetap melancarkan demonstrasi. FUI menuntut agar pembuat film Innocence of Muslims dihukum mati. Di sisi lain, FUI juga meminta agar pemerintah di negara-negara Islam mampu menekan AS. Sekaligus mengajak umat untuk bersatu demi mempertahankan kesucian Nabi Muhammad saw.

Foto: sindonews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda