Scroll to Top

Hootsuite Akuisisi Seesmic, Twitter Desktop Client Pesaing TweetDeck

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 18 Sep 2012

hootsuite seesmic

Seesmic, Twitter desktop client – serupa dengan TweetDeck – telah diakuisisi oleh HootSuite dengan nilai yang tidak disebutkan. Menurut para pengamat, akuisisi ini bertujuan untuk memeroleh pangsa pasar konsumen yang lebih besar bagi HootSuite sendiri.

Baik HootSuite dan Seesmic sejatinya merupakan sebuah tool yang hampir sama. Tool ini sebagai dashboard sosial yang mampu mengelola beberapa akun media sosial secara bersamaan. Namun HootSuite lebih kental untuk urusan bisnis dan sangat powerfull bagi kepentingan marketing.

Seesmic sendiri pertama kali diluncurkan pada tahun 2008 oleh Loïc Le Meur. Kala itu Seesmic memang menjadi pesaing TweetDeck – sebelum diakuisisi Twitter – sebagai aplikasi dashboard sosial.

Serupa dengan TweetDeck, Seesmic juga memiliki kemampuan untuk me-manage multiple akun jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Tak hanya di website dan aplikasi desktop, Seesmic telah merambah ke ranah mobile melalui aplikasi di Android, iOS, maupun Blackberry.

“Kami sangat gembira untuk mengumumkan jika Seesmic telah diakuisisi oleh HootSuite. Seesmic dan HootSuite telah lama berbagi visi untuk masa denpan manajemen media sosial,” tulis rilis resmi HootSuite di laman blog-nya.

Pertanyaan pun muncul kemudian, mengapa HootSuite harus mengakuisisi Seesmic yang notabene memiliki fungsi dan peran yang hampir serupa? Tersiar kabar jika HootSuite menginginkan pengguna Seesmic untuk beralih platform mereka. Dan akuisisi ini juga akan lebij menguatkan posisi HootSuite sebagai dashboard sosial.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda