Scroll to Top

Bernapas Lebih Dalam, Cara Praktis untuk Relaksasi

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 18 Sep 2012

yoga

Selama seseorang masih merasakan hidup di dunia, stres pasti tetap menghampiri dalam hidupnya dari tingkat rendah hingga tinggi. Stres tidak hanya terkait dengan pekerjaan. Lebih dari itu, stres merupakan salah satu bentuk gangguan kejiwaan yang kerapkali berwujud rasa khawatir, panik, dan menimbulkan pikiran yang sedikit kalut dan tertekan.

Dalam stres, berpadu interaksi antara psikis dan fisik. Kedua terpengaruh dengan kehadiran tekanan dalam hidup. Kala seseorang mengalami stres sampai depresi, pikirannya cenderung didominasi  hal yang membuatnya tertekan. Tanda pada fisik misalnya keluarnya keringat dingin, mendadak sakit perut, degup jantung mendadak cepat,  mudah marah, sampai muncul rasa pusing.

Apa pun bentuk stres yang dihadapi, relaksasi menjadi kebutuhan yang mesti dipenuhi. Relaksasi menjadi pengurang dari tingkat stres. Melakukan relaksasi minimal 30 menit setiap hari, mampu mengembalikan semangat Anda untuk menyelesaikan penyebab stres dengan lebih baik. Bagaimana pun juga, stres seringkali membuat seseorang seperti buntu mencari solusi dalam permasalahan yang dihadapinya. Dan, relaksasi menjadikan kepala lebih dingin dalam berpikir.

Tahukah Anda? Cara cukup praktis dan gratis untuk relaksasi adalah memainkan cara bernapas. Mengambil napas dan mengeluarkannya dengan cara tertentu bisa memberikan pasokan oksigen lebih tinggi pada tubuh. Efeknya, tubuh dan pikiran menjadi lebih segar.

Jadi, lakukan saja cara ini ketika Anda perlu relaksasi.  Duduklah dengan posisi santai sembari menutup mata. Tarik napas panjang lewat hidung dan hembuskan napas melalui mulut. Lakukan tarikan dan buangan napas masing-masing dalam lima hitungan. Lakukan beberapa kali dalam sehari untuk menenangkan pikiran dengan cepat.

Selain itu, imbangi pula relaksasi dengan napas ini bersama aktivitas lainnya. Sebulan sekali sempatkan untuk melakukan pijat tubuh yang bermanfaat untuk memulihkan badan dan pikiran. Berenang, jalan-jalan, dan yoga bisa menjadi pilihan lain. Pastinya, relaksasi bisa didapatkan dengan melakukan berbagai hal yang Anda sukai. Jangan melenakan diri dengan stres karena itu tidak baik buat diri Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda