Scroll to Top

iPad Mini: Pegatron Produksi 60 Persen, Foxconn 40 Persen

By Ditya / Published on Tuesday, 18 Sep 2012

iPad Mini Prototype

Setelah iPhone 5 diluncurkan, kini tinggal iPad Mini yang masih misterius. Seperti yang kita tahu, Apple menjalin kerjasama dengan Foxconn untuk memproduksi berbagai produknya, namun untuk iPad Mini, porsi produksi Foxconn hanya 40 persen dan 60 persen sisanya akan diproduksi oleh Pegatron.

Berdasarkan sumber dari Econimic Daily News Taiwan, Pegatron akan memproduksi 60 persen dari keseluruhan total unit yang akan diproduksi, sedangkan Foxconn hanya mendapat jatah 40 persen dari total jumlah unit yang diproduksi.

Belum jelas mengapa Apple memilih Pegatron untuk mendominasi produksi iPad Mini, menurut spekulasi yang beredar, hal ini dilakukan agar Foxconn tetap dapat memenuhi jatah produksi iPhone 5 yang saat ini sedang booming.

Terlepas dari masalah porsi jumlah produksi, sebenarnya Apple telah lama dikabarkan menggandeng Pegatron yang nantinya akan diposisikan sebagai OEM  (Original Equipment Manufacturer) kedua setelah Foxconn, hal ini telah banyak diketahui sejak Apple bersiap meluncurkan iPad generasi ketiga.

Awal munculnya iPad generasi ketiga sempat dibumbui rumor mengenai kehadiran Pegatron sebagai salah satu assembler atau perakit yang akan turut memproduksi berbagai produk Apple.

Pegatron nantinya akan berperan sebagai pemain cadangan ketika Foxconn mulai mengalami kewalahan, sehingga bukan tidak mungkin nantinya Pegatron juga memproduksi atau merakit iPhone 5 untuk Apple.

Seperti yang dilansir dari CNET (17/09/2012), iPad Mini adalah senjata Apple untuk merangsek pasar tablet kelas menengah yang selama ini dihuni oleh Google Nexus 7 dan Amazon Kindle Fire HD.

iPad Mini dipersenjatai dengan layar berukuran 7,85 inci dengan resolusi 1024 x 768 piksel dan menggunakan basis iPad 2. Kabarnya Apple akan membandrol iPad Mini dengan harga antara USD $349 hingga USD $399.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda