Scroll to Top

Kuil Karni Mata, Penuh Dengan 20.000 Tikus

By C Novita / Published on Tuesday, 18 Sep 2012

kuil karni mata

Anda yang jijik dan takut dengan tikus, maka sebaiknya jangan mendekat ke Karni Mata Tempel, atau Kuil Karni Mata di daerah Bikaner, India. Mengapa? Sebab di dalam kuil ini, ada sekitar 20 ribu ekor tikus yang hidup bebas dan bahkan disucikan di sana.

Ya, tikus adalah hewan yang dianggap suci di Karni Mata, sebab menurut sebuah legenda di India, tempat kuil tersebut berada, hewan pengerat itu merupakan reinkarnasi dari seorang dewa.

kuil tikus

Tidak seperti tikus di tempat lain yang dibasmi oleh manusia, di Karni Mata tikus bahkan dipelihara dan dilindungi. Mereka diberi minum susu, makanan enak, dan dijaga dari predator.

Burung pemangsa tikus tak dapat memasuki wilayah kuil tersebut sebab di jaga oleh beberapa penjaga dan pagar yang dialiri listrik.

Pengunjung yang datang ke kuil tersebut pun harus menjaga langkah kaki mereka agar tak menginjak hewan tersebut. Jika pengunjung menginjak dan menyebabkan si tikus mati, dendanya adalah membayar ganti rugi dengan emas seberat tikus yang mati tersebut.

Begitu dianggap keramatnya, penduduk setempat yang percaya pada keberkahan para tikus bahkan memakan sisa makanan dan minuman hewan-hewan tersebut. Entah apakah di tempat itu terdapat penyakit pes atau tidak.

 

 

Sumber atlasobscura

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda