Scroll to Top

Nikon Coolpix S800C, Kamera Android Pertama Nikon Tampil di Photokina

By Ditya / Published on Wednesday, 19 Sep 2012

Nikon S800C

Sistem operasi besutan Google ini tak hanya merambah smartphone dan saja, tapi juga kamera digital, salah satunya adalah Nikon CoolPix S800C yang mengusung sistem operasi Android dan tampil di ajang Photokina di Jerman.

Sampai saat ini baru 2 produsen yang membawa Android ke produk kamera digital di ajang Photokina, yaitu Samsung melalui Galaxy Camera dan Nikon melalui Nikon CoolPix S800C.

Nikon CoolPix S800C hadir dengan bodi yang kompak dan ramping khas kamera saku modern. Nikon CoolPix S800C ini mengusung sensor dengan resolusi 16 megapiksel dan dibekali fasilitas 10x optical zoom.

Kamera cerdas besutan Nikon ini mengusung layar touchscreen berukuran 3,5 inci untuk mengakomodasi input pengguna. Nikon CoolPix S800C ini menggunakan sistem operasi Android 2.3 Gingerbread.

Nikon S800C LCD

Meski terkesan kurang serius, Android yang dibenamkan Nikon CoolPix S800C ini telah mengalami banyak perubahan untuk menyesuaikan penggunaan sebagai sistem operasi pada kamera.

Seperti yang dilansir dari The Verge (18/09/2012), salah satu kelemahan Nikon CoolPix S800C adalah lambat. Tampaknya Nikon tidak membekali spesifikasi yang memadai untuk menjalankan Android 2.3 Gingerbread pada kamera Android pertamanya.

Nikon CoolPix S800C ini tak hanya lambat pada pengoperasian dan perpindahan menu, namun sebagai kamera digital point and shoot, kinerjanya dalam mengambil gambar dinilai lambat. Tak hanya itu, untuk menghidupkan kamera ini butuh waktu 5 detik atau lebih untuk menunggu kamera siap digunakan.

Hal ini berbeda dengan Samsung dengan Galaxy Camera-nya yang dinilai memiliki kinerja cepat. Spekulasi awal penyebab lambatnya kinerja Nikon CoolPix S800C adalah karena Android yang dibenamkan belum benar-benar dioptimalkan  untuk penggunaan pada kamera digital.

Harapannya, semoga Nikon segera melakukan perbaikan kinerja pada Nikon CoolPix S800C yang merupakan kamera Android cerdas pertamanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda