Scroll to Top

Keranjingan Facebook Bisa Bikin Gemuk

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 19 Sep 2012

mengakses facebook

Facebook dijadikan alasan bagi peneliti di University of Ulster, Irlandia Utara, sebagai salah satu sebab seseorang mengalami peningkatan berat badan. Pasalnya, kala sudah maniak terhadap jejaring sosial biasanya membuat seseorang lebh fokus pada dunia maya dan melupakan untuk berolahraga. Inilah kemudian yang memicu seseorang bertambah berat badannya akibat kalori tubuh tidak cepat terbakar.

Pada studi ini dilbatkan 350 mahasiswa yang diminta untuk menjawab survey. Tema yang diangkat berkaitan dengan hubungan antara media sosial dengan olahraga. Dalam survey diketahui, rata-rata mahasiswa tersebut menghabiskan satu jam per hari untuk  mengakses situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan sebagainya.

Meski begitu, ternyata mahasiswa yang mengimbangi aktivitas dunia mayanya dengan olahraga hanya ada 25 persen. Sementara itu, saat dilihat dari keaktivan mereka mengakses dunia maya, sekitar separuhnya tergolong cukup aktif. Ada sepertiga mahasiswa yang mengatakan sangat aktif berinterakasi sosial di jejaring sosial. Dan, efeknya,  sekitar 12,7 persen mahasiswa mengaku memiliki aktivitas gerak fisik yang cukup rendah saat dihubungkan dengan frekuensi kegiatan mereka di jejaring sosial. Kebanyakan responden mengaku kurang aktif dalam olahraga yang melibatkan tim.

“Waktu adalah sumber daya yang terbatas, sehingga waktu yang dihabiskan di jejaring sosial harus dilakukan dengan mengorbankan kegiatan lain,” kata Dr Wendy Cousins, penulis enelitian yang juga psikolog di University of Ulster, seperti dikutip Times of India.

Penelitian ini disampaikan pada konferensi tahunan British Psychological Society’s Division of Health Psychology di Liverpool, Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda