Scroll to Top

Selidiki Perselingkuhan, Sebagian Pasangan di India Gunakan Poligraf

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 19 Sep 2012

poligraf

Suami istri di India bisa dibilang cukup maju untuk mengetes sejauhmana pasangannya setia. Pasalnya, mereka tidak perlu lagi bersusah payah menyelidiki pasangan dengan sembunyi saat diduga berselingkuh. Cukup menemui tempat yang menyediakan jasa pemeriksa kebohongan, dan mereka bakal mengetahui pasangan mereka selingkuh atau tidak.

Tempat tersebut menguji kebohongan dengan alat poligraf. Alat ini bekerja untuk memperkirakan seseorang berbohong atau tidak, melalui indikasi-indikasi yang muncul dari pemakaian alat. Untuk sekali pengujian, penyedia jasa mematok tarif sekitar USD 150 atau kira-kira Rp 1,4 juta. Klien tinggal menandatangani perjanjian dan melakukan serangkaian wawancara untuk mendeteksi kebohongan.

Seperti dikutip BBC, alat tersebut punya keakuratan sangat tinggi. Deepti Puranaik dari perusahaan Helik Advisory mengatakan, akurasi yang dihasilkan bahkan sampai 80 persen. Saat ini, poligraf kerap dimanfaatkan oleh para istri di India yang dicurigai melakukan perselingkuhan. Dengan menyewa jasa ini, klien pun merasa lebih nyaman. Pasalnya, kerahasiaan masalah yang dihadapi klien bisa dijaga agar tidak sampai diketahui publik.

“Banyak orang tidak ingin ke polisi karena lebih menyita waktu dan apapun yang dilaporkan ke polisi dapat diketahui publik,” kata Rukmani Krisnamurthy, direktur Helik Advisory.

Poligraf sebenarnya sudah ditemukan sejak tahun 1917 oleh William Marston dari Amerika Serikat. Alat ini sering dipakai kepolisian untuk mendeteksi sejauhmana terduga pelaku kejahatan berbohong. Sering pula poligraf dimanfaatkan perusahaan untuk menilai integritas karyawannya. Namun, pemakaian poligraf untuk menguak perselingkuhan barangkali terbilang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda