Scroll to Top

Profil Pembalap F1: Daniel Ricciardo

By Rheza Fadhlillah / Published on Saturday, 06 Aug 2011
Nama : Daniel Ricciardo
Tanggal Lahir : 1 Juli 1989
Kebangsaan : Australia
Umur : 22 Tahun
Tim (status) : HRT (pinjaman), Red Bull/ Toro Rosso (cadangan)

Ricciardo profile

 

 

 

Ini mimpi yang menjadi kenyataan bagi saya - untuk pertama kalinya pada garis start F1 Aku harus mencubit diriku sendiribeberapa kali untuk memastikan bahwa itu nyata.!”

 

Daniel Ricciardo adalah pembalap muda berumur 22 tahun asal Australia yang  merupakan pembalap cadangan dari tim Red Bull/ Toro Rosso.

Ricciardo saat ini tengah dipinjamkan kepada tim Formula 1 Hispania Racing (HRT) untuk menggantikan pembalap lama mereka Narain Karthikeyan. Alasan Red Bull meminjamkan Ricciardo kepada HRT adalah untuk memberikan Ricciardo pengalaman lebih dalam mengendarai mobil Formula 1.

Ricciardo memiliki beberapa prestasi dalam karir balapnya yang membuat Red Bull tertarik untuk mengajaknya bergabung ke dalam tim asal Milton Keynes tersebut.

Ricciardo sudah memulai karir balap diumurnya yang baru menginjak 9 tahun. Ia memulainya dengan menjuarai kejuaran nasional Go Kart di negara asalnya Australia.

Ricciardo Red Bull 1

Pada tahun 2006, Ia mendapat beasiswa untuk membalap pada kejuaraan Formula BMW seri Asia dan berhasil finis ketiga pada tahun pertamanya. Ia selanjutnya berpindah ke Formula Renault 2.0 dan berhasil menarik perhatian Red Bull saat menjuarai kejuaran Eropa Barat pada tahun 2008.

Pada tahun 2009, Ia mendominasi kejuaraan Formula 3 Inggris dengan raihan enam kemenangan, enam pole position, 12 kali podium, dan empat kali fastest lap. Ia lalu mendapatkan kesempatan beruji coba dengan tim Red Bull di Jerez menggunakan mobil RB5.

Pada Tahun 2010, Ia berlaga di kejuaraan Formula Renault 3.5 dan nyaris merebut gelar juara di tahun itu. Ia harus puas berada di posisi kedua klasemen akhir setelah tertinggal 2 poin dari rivalnya Mikhail Aleshin.

Di tahun yang sama ia kembali mendapatkan kesempatan uji coba di Sirkuit Abu Dhabi menggunakan mobil yang sama seperti yang di kendarai Sebastian Vettel saat menjuarai  seri pamungkas tersebut yang mengantarnya menjadi juara dunia termuda.

Daniel-Ricciardo-Jerez

Hasilnya cukup mengejutkan, Ricciado berhasil membuat rekor baru di setiap sektor dan berhasil mencetak waktu 1.3 detik lebih cepat dari raihan yang di dapat Vettel minggu sebelumnya. Itulah alasan yang membuat Red Bull mengangkatnya menjadi pembalap cadangan.

Pada tahun 2011, Ia kembali bertarung di ajang yang sama pada Formula Renault 3.5. Namun, Red Bull memberinya kesempatan untuk menambah pengalaman mengendarai mobil Formula 1 dengan meminjamkannya kepada tim papan bawah Hispania Racing.

Kabarnya Ricciardo tengah dipersiapkan oleh Red Bull sebagai pengganti Mark Webber apabila pembalap tersebut memutuskan untuk mengakhiri kerjasamanya dengan Red Bull.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda